Kamis, 08 November 2012

Manfaat dan Khasiat Mentimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


 

Seperti yang kita ketahui mentimun atau dalam bahasa latin nya Cucumis Sativus serng digunakan sebagai bahan makanan, baik dalam pelengkap,penghias makanan, dan masih banyak lainnya, tapi apa kalian tahu ternyata mentimun ini mempunyai manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, pingin tahu apa saja khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan, mari kita lihat dibawah ini.

Berikut Khasiat Mentimun Bagi Kesehatan Dan Kecantikan :


1. Menyuburkan rambut : Kebotakan bukan hanya masalah penting bagi pria namun juga bagi wanita. Mengkonsumsi mentimun bermanfaat untuk mempertahankan kesuburan rambut. Anda tak perlu khawatir mengenai rambut rontok ataupun kebotakan. Zat Silika yang terdapat pada mentimunlah yang berfungsi memacu pertumbuhan rambut. Buatlah jus mentimun. Tambahkan selada, bayam dan wortel untuk hasil terbaik.

2. Kesehatan pencernaan : Mengkonsumsi jus mentimun segar setiap hari bisa menyembuhan berbagai macam penyakit yang berkenaan dengan fungsi percernaan seperti gastritis keasaman, sembelit, dan maag. Mentimun memiliki kandungan serat makanan yang berfungsi melenyapkan racun dari dalam organ pencernaan. Khasiat mentimun lainnya terdapat pada Enzim erepsin yang berguna untuk mencerna protein.

3. Keindahan kulit : Ingin kulit kencang, halus, dan segar? Gunakanlah mentimun sebagai masker wajah alami di rumah. Mentimun mengandung berbagai zat yang bemanfaat bagi kulit seperti kalium, silika, mangan, magnesium, serat, vitamin A, B, dan C. Zat tersebut berfungsi mendinginkan dan membersihkan pori-pori kulit. Pembengkakkan disekitar mata dapat dihindari jika Anda rajin menempelkan potongan mentimum di daerah lingkar mata.

4. Kesehatan kuku : Manicure dan pedicure merupakan perawatan yang tak asing bagi kaum hawa. Menjaga kesehatan kuku dari dalam tubuh juga sangat diperlukan. Dengan mengkonsumsi mentimun secara rutin, kuku di jari tangan dan kaki tidak akan mengalami pecah-pecah atau rusak.

5. Kesehatan gigi dan gusi : Menjaga kesehatan gigi dan gusi sangatlah penting. Makanan lezat yang dihidangkan akan terasa hambar bagi siapa saja yang mengalami penyakit mulut ini. Khasiat mentimun sangatlah luas. Anda hanya perlu meminum jus mentimun untuk meningkatkan produksi air liur. Dengan demikian, kondisi asam dan basa di dalam rongga mulut dapat dinetralisir.

6. Atasi nyeri sendi : Mengatasi nyeri sendi seperti rematik dan encok bisa dilakukan dengan cara yang alami. Manfaatkanlah mentimun yang kaya akan kandungan silika, kalsium, magnesium, folat, vitamin A, B1, B6, C, dan D. Semua zat tersebut berfungsi menurunkan asam urat sebagai penyebab nyeri sendi. Anda hanya perlu mengkonsumsi campuran jus mentimun dan wortel.

7. Perawatan ginjal : Manfaat mentimun yang satu ini cocok bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan pada organ ginjal dan kandung kemih. Efek diuretik mentimun dapat melancarkan proses urinasi yang berfungsi meringankan kerja ginjal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar