Sabtu, 03 November 2012

Manfaat dan Khasiat Lidah Buaya

 

Tanaman yang berbahasa latin “aloe vera” ini adalah tanaman tropis sukulen yang memiliki bentuk seperti daun berdaging dengan lendir seperti jel; . Lendir inilah yang memiliki banyak manfaat terutama dibidang kesehatan dan kecantikan.

Tanaman unik ini mengandung berbagai senyawa biologis aktif seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon dan berbagai lektin. Lidah buaya juga mengandung sekitar 75 jenis zat yang telah dikenal bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa lain yang membuatnya layak digunakan dalam pengobatan herbal.

Zat-zat tersebut termasuk : – Enzim yang membantu pencernaa dan mengurangi peradangan – Semua jenis vitamin terkecuali vitamin D – Mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim – Gula rantai panjang untuk menyeimbangkan kembali sistem pencernaan – Saponin, yang berfungsi sebagai anti-mikroba – 20 dari 22 jenis asam amino

Nah,itulah sekilas tentang lidah buaya .Trus apasih manfaatnya ?

Oke ,langsung saja.Berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya yang saya rangkum dari berbagai sumber dan didasarkan atas penelitian beberapa ahli :

1.Perawatan Kulit : Lidah buaya sudah dimanfaatkan untuk bahan kosmetika untuk perawatan kulit yang fungsinya perbaikan dan peremajaan kulit,menghilangkan jerawat, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda pada kulit, mengurangi peradangan pada kulit, memutihkan kulit dan melembabkan kulit.

2.Penyubur Rambut : Ini merupakan khasiat lidah buaya yang paling di kenal di masyarakat di Indonesia karena terbukti ampuh dalam menyuburkan rambut, biasanya tanaman lidah buaya terlebih dahulu dikupas kulitnya kemudian direndam dia air hangat setelah itu digosokkan ke bagian yang ingin di suburkan rambutnya. Jika dilakukan rutin selam 2 bulan maka rambut kita akan tumbuh dengan subur.

3.Detoksifikasi : maksudnya didalam lidah buaya terdapat kandungan yang dapat meluruhkan racun
dalam tubuh kita, jadi anda bisa mengkonsumsi lidah buaya untuk mentralkan racun di tubuh. Oleh karena itu selama ini biasanya di manfaatkan sebagai bahan untuk kekebalan tubuh.

4.Gangguan pencernaan : Lidah buaya bermanfaat dalam pencernaan tubuh terutama jika terjadi panas perut serta iritasi usus dan tukak lambung. Lidah buaya bisa menenangkan esofagus dan mengatasi refluks asam dalam lambung.

5.Penyembuh Luka Bakar : Bagian dalam lidah buaya dapat memperbaiki serta menyembuhkan kulit yang terkena luka bakar

6.Mengurangi ketombe : Lidah buaya juga membantu mengurangi ketombe dan gatal yang disebabkan oleh ketombe pda kulit kepala.

7.Kesehatan Mulut : Lidah buaya juga sangat bermanfaat dalam membantu dalam kesehatan mulut seperti memperbaiki gusi kita yang sedang memburuk misalnya sariawan.

8.Pencegah diabetes : Tanaman aloe vera ini juga bisa untuk mengobati penyakit diabetes sebab kandungan lidah buaya berfungsi juga sebagai penurun kadar gula dalam tubuh kita.

9. Menjaga berat badan: Jus lidah buaya telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan berat badan.

10.Kekebalan : Lidah buaya merupakan antioksidan yang penuh kontra radikal bebas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itu dia manfaat dari pada lidah buaya .Sebenarnya masih banyak lagi manfaat lidah buaya,yang dapat digunakan dalam bidang industry ,dan bidang lainnya.Namun ,secara garis besar itulah manfaat lidah buaya ,terutama untuk kesehatan dan kecantikan.

Semoga ,dengan mengetahui manfaat lidah buaya diatas,kita lebih menghargai dan bisa memanfaatkan si lidah buaya ini .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar