Selasa, 13 November 2012

Manfaat dan Khasiat Daun Tapak Dara



Tapak dara (Catharanthus roseus L) merupakan jenis tanaman liar yang tidak terlalu besar, tapak dara dapat mencapai 120 cm. Batang tumbuhnya tegak dan bercabang banyak, dan bunganya berbunga majemuk yang keluar dari ujung tangkai maupun ketiak daun dengan warna merah keunguan dan ada juga yang putih. Daun telapak dara berbentuk bulat telur yang tersusun berhadapan dan berstruktur tebal dengan warna hijau tua dan mengkilap, jumlah daunnya banyak sehingga terkesan rimbun. Buahnya merupakan buah bumbung berbulu yang berisi banyak biji berwarna hitam.

Tanaman tapak dara berasal dari Amerika Tengah dan menyebar kedataran rendah sampai ketinggian 800 mil dpl. Dalam membudidaya tanaman tapak dara dapat dilakukan dengan biji, setek batang dan akar, untuk tanaman yang sudah tua dapat dilakukan peremajaan kembali dengan cara memangkas cabang-cabangnya sehingga muncul tunas yang baru.

Secara kimia tanaman tapak dara memiliki 70 macam alkaloid ditemukan diakar, batang, daun dan bijinya, termasuk 28 bi-indole alkalaoid. Selain itu tapak dara juga mengandung alkaloid anti kangker dan alkaloid penurun gula darah.

Khasiat daun tapak dara sangat banyak sekali, diantanya adalah :

  1. Luka bakar
    • Ambillan beberapa helai daun tapak dara yang masih segar
    • Cuci sampai bersih
    • Tumbuk daun tapak dara dengan beras secukupnya hingga menjadi seperti bubur
    • Tempelkan ramuan tersebut kebagian tubuh yang mengalami luka bakar sampai kering.
  2. Akut limfosit leukemia
    • Rebus 15 gram daun tapak dara dengan air secukupnya sampai mendidih
    • Saring ambil airnya
    • Minum air ramuan tersebut secara rutin
  3. Khasiat daun tapak dara yang lainnya
      Rebusan daun tapak dara juga cocok untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti penyakit hipertensi, kencing manis dan tekanan darah tinggi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar