Rabu, 07 November 2012

Manfaat dan Khasiat Buah Tomat Untuk Kesehatan


 
 
Buah Tomat adalah buah yang sering di gunakan baik dalam masakan, makanan, minuman dan untuk perawatan wajah, tapi apa kamu tahu bahwa Buah Tomat ternyata memiliki manfaat untuk Kesehatan Tubuh.

Sewaktu saya kecil, saya sering melihat orang memakan Tomat tanpa di Olah, langsung saja di makan.
Tapi itu tidak apa-apa bahakan lebih bagus, Dan Berikut manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan.

Tomat sangat Kaya akan Vitamin C dan A
Tomat, baik dalam bentuk segar maupun olahan, memiliki komposisi zat gizi yang cukup lengkap dan baik. Buah tomat terdiri dari 5-10 persen berat kering tanpa air dan 1 persen kulit dan biji. Jika buah tomat dikeringkan, sekitar 50 persen dari berat keringnya terdiri dari gula-gula pereduksi (terutama glukosa dan fruktosa), sisanya asam-asam organik, mineral, pigmen, vitamin, dan lipid.

Tomat dapat digolongkan sebagai sumber vitamin C yang sangat baik (excellent) karena 100 gram tomat memenuhi 20 persen atau lebih dari kebutuhan vitamin C sehari. Vitamin C memelihara kesehatan gigi dan gusi, mempercepat sembuhnya luka-luka, mencegah penyakit scurvy (skorbut), serta menghindarkan terjadinya perdarahan pembuluh darah halus.

Selain itu, tomat juga merupakan sumber vitamin A yang baik (good) karena 100 gram tomat dapat menyumbangkan sekitar 10-20 persen dari kebutuhan vitamin A sehari. Vitamin A sangat diperlukan bagi kesehatan organ penglihatan, sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan, dan reproduksi. Vitamin A dan C pada tomat juga berkhasiat sebagai antioksidan.

Tomat dapat membantu membersihkan hati hati dan darah kita

Tomat mengandung vitamin A, B1 dan C.

Tomat dapat mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
  •  gusi berdarah.
  •  rabun senja / kotok ayam.
  •  penggumpalan darah.
  •  usus buntu.
  •  kanker prostat dan kanker payudara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar