Senin, 12 November 2012

Manfaat dan Khasiat Buah Anggur



Buah Anggur
Anggur adalah jenis tanaman buah-buahan perdu yang merambat dan termasuk dari jenis keluarga Vitaceae. Buah anggur biasanya dimanfaatkan sebagai buah-buahan yang segar dimakan langsung atau pun diolah dahulu, seperti dibuat jus, jelly, minuman anggur, minyak dan kismis.
Buah anggur terkenal banyak mengandung senyawa polifenol dan resverotol yang mempunyai peran aktiv untuk metabolisme tubuh serta mampu mencegah terbentuknya sel kangker dan berbagai jenis penyakitnya.

Menurut sejarah buah anggur sudah dibudidayakan sejak 4000 tahun SM ditimur tengah, Namun pengolahan anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir.

Jenis jenis anggur sangat banyak sekali, seperti Vitis riparia, jenis anggur ini adalah jenis anggur liar di Amerika serikat biasanya diolah menjadi minuman, Vitis Lincecumii, jenis anggur ini biasanya diolah menjadi minuman hibrida dan rootstock karena jenis anggur ini mampu bertahan lama, serta masih banyak lagi jenis jenis anggur yang lainnya.

Khasiat buah anggur
sangat banyak sekali, khususnya untuk masalah kesehatan, ini karena kandungan gizi buah anggur yang sangat banyak dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini adalah beberapa khasiat buah anggur untuk kesehatan
  • Buah anggur mengandung assimilaory, mempunyai khasiat mampu untuk mengikat kadar air,didalam paru-paru, sehingga menyebabkan paru-paru dapat bekerja dengan normal, dan sangat cocok untuk dikonsumsi bagi penderita asma
  • Buah anggur banyak mengandung resveratol, yaitu suatu polifenol yang dapat mengurangi tingkat amyloidal beta peptides bagi penderita Alzheimer.
  • Khasiat buah anggur juga mampu mencegah kangker payudara, kandungan gizi yang terkandung didalam buah anggur mampu menahan perkembangan baktery penyebab kangker payudara. Singga sangat cocok dikonsumsi bagi wanita yang sedang mengalami kangker payudara.
  • Kandungan Asam organik, gula, selulosa yang banyak terkandung didalam buah anggur sangat bagus untuk pencernaan, karena mampu menetralisir sampah makanan yang terendap didalam perut. Sehingga sangat sesuai untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar.
  • Khasiat buah anggur juga cocok untuk mengatasi capek setelah bekerja berat. Kandungan energi instan didalam buah anggur mampu mengisi energi yang terkuras setelah bekerja berat.
  • Mengkonsumsi buah anggur dengan rutin juga mampu mencegah penyakit jantung, antioksida yang terkandung didalam buah anggur mampu menghentikan oksidasi kolestrol LDL yang menghambat peredaran darah didalam pembuluh darah.
Dengan mengetahui akan khasiat buah anggur yang sangat banyak ini, ayo mulai dari sekarang kita tidak perlu lagi ragu untuk mengkonsumsi buah anggur, baik secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar