Sabtu, 10 November 2012

Inilah yang Terjadi Ketika Siswa SD 'Menguasai' Ruangan Ahok

 

TEMPO.CO, Jakarta--Pemandangan tidak biasa terlihat di Ruang Kerja Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Kamis, 8 November 2012. Sekelompok siswa SD berseragam batik biru terlihat memasuki ruangan pria yang kerap disapa Ahok tersebut.

"Tadi Saya mau ke toilet, melihat banyak anak-anak SD. Saya suruh masuk aja ke ruangan Saya, boleh foto di kursi Saya, supaya rasakan jadi gubernur, dulu kan ruangan Saya bekas ruangan Pak Foke," ujar Basuki.

Sekitar 30 siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Iman Cipinang Indah Jakarta Timur sedang mengadakan kunjungan ke Balai Kota Jakarta Kamis. Tujuannya, kata Wakil Kepala SDIT Al Iman Doni Andiko, mengajak para siswa untuk mengenal sistem pemerintahan di Indonesia, utamanya di Pemerintah DKI Jakarta. "Kami juga mengajukan proposal ke bagian pendidikan di Balai Kota," kata Doni.

Rombongan bocah berseragam batik biru tak punya rencana bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama. Tapi tanpa diduga rombongan anak-anak ini berpapasan dengan Basuki di lantai 1. Saat itu, Basuki hendak ke toilet. Basuki bertanya kepada anak-anak ini, "Apa cita-citamu?" kata Basuki. Para siswa itu menjawab ingin menjadi Gubernur dan Wakil Gubenur.

Mereka kemudian berfoto bersama Basuki di lantai 1. Basuki juga mempersilakan anak-anak itu masuk ruang kerjanya di lantai 2. Mereka senang bukan kepalang. Di sana para siswa "menguasai" ruang Wakil Gubernur. Mereka main jepret di berbagai sudut ruangan yang pernah digunakan Gubernur sebelumnya, Fauzi Bowo, itu. Bahkan ada anak yang menduduki kursi kerja Basuki dan mengambil gambar. "Senang sekali bisa masuk ruangan Wakil Gubernur," kata siswi Nasya.

Di ruangan Basuki, siswa-siswa ini mengabadikan gambar untuk foto bersama walaupun tidak dibarengi Wakil Gubernur. Sebab, pada saat yang sama  Basuki sedang rapat di Ruang Rapat Badan Perencanaaan Daerah di Balai Kota.

Menurut Basuki, ruang kerjanya bukan bukan ruangan pribadi. Kalau ada orang masuk dia persilakan. "Foto-foto ya silahkan. Saya tinggal minggir, supaya anak-anak juga termotivasi," kata Basuki.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar