Sabtu, 03 November 2012

Ingin Mata Sehat ? Nih Tipsnya


Pertama : Penyakit Rabun

Karena faktor tertentu seseorang bisa terkena penyakit rabun pada matanya. Rabun disebut juga kelainan refraksi. Rabun atau kelainan refraksi disebabkan oleh karena adanya gangguan mata saat pada bayangan benda yang dilihat. Rabun banyak jenis dan macamnya.


a. Jenis Rabun jauh (myopia)


Rabun
ini disebut juga mata minus. Artinya adalah suatu keadaan dimana mata tidak mampu melihat benda dalam jarak jauh.

b. Jenis Rabun dekat (hipermetropia)


Hipermetropia/Rabun dekat
disebut juga dengan mata plus. Mata plus artinya suatu keadaan dimana mata tidak mampu melihat suatu benda dengan jelas dalam jarak dekat.

Kedua : :Penyakit Konjungtivitis


Problem mata yang kedua adalah
Konjungtivitis. Konjungtivitis adalah merupakan infeksi mata yang dapat menyebar ke kornea dan mengakibatkan menurunnya ketajaman mata. Sebab infeksi mata adalah bisa karena virus, bakteri, atau karena kena alergi. Tanda-tanda infeksi mata adalah mata berair, Mata gatal dan mata merah.
Ketiga : Penyakit Mata tua (presbiopia)

Mata tua adalah penuaan lensa pada mata sehingga mengakibatkan mata sulit untuk melakukan akomodasi. Penderita mata tua tidak bisa melihat suatu benda yang terlalu jauh atau terlalu dekat secara jelas. Mata tua adalah merupakan suatu keadaan fisiologis yang terjadi seiring dengan pertambahan usia.

Keempat : Penyakit Katarak

Penyakit Katarak adalah gangguan mata yang menyebabkan lensa mata berselaput. Maka penglihatan mata akan kabur. Adapun Penyebab katarak antara lain disebabkan oleh penyakit diabetes, darah tinggi, paparan sinar matahari yang terlalu lama, dan juga karena faktor lanjut usia.

Kelima : Penyakit Silindris

Penyakit Astigmatisma atau Silindris adalah kelainan mata. Faktor penyebabnya adalah karena permukaan kornea yang tidak bulat sempurna, sehingga mata tidak dapat fokus secara jelas.

Keenam : Penyakit Glaukoma

Penyakit Glaukoma adalah merupakan gangguan pada mata, gejalanya tidak langsung. Tapi secara bertahap akan membuat pandangan menjadi kabur bahkan bisa mengakibatkan seseorang yang terkena menjadi buta. Adapun Penyebab penyakit glaukoma diantaranya adalah terhambatnya saluran cairan dari bola mata, sehingga bola mata akan membesar dan menekan syaraf mata yang berada di belakang bola mata. Penyebab lainnya adalah adanya tekanan pada bola mata.

Ketujuh : Mata kering (Dry Eye)

Penyakit Mata kering adalah suatu kondisi dimana mata tidak dapat memproduksi air mata yang cukup. Air mata sangat dibutuhkan untuk membasahi permukaan mata, menghilangkan debu dan kotoran, menjaga kelembapan mata serta menjaga mata dari serangan bakteri dan infeksi lainnya.

Dengan banyak jenis gangguan pada mata maka kita harus menjaganya dengan baik. Berikut juga saya sampaikan beberapa tips atau upaya-upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga mata kita, di antaranya adalah :

Kesatu, Lalukan Senam Mata

Bagaimana melakukan senam mata ? O gampang. Caranya adalah dengan menggerakkan bola mata dengan perlahan-lahan ke atas, bawah, kanan dan kiri. Tujuannya adalah untuk melatih otot penggerak mata dan menjaga bentuk bola mata. Fokuskan pandangan ke jarak jauh dan dekat secara bergantian. Gerakan ini untuk mengukur kemampuan fokus mata.

Kedua : Makan makanan yang bermanfaat untuk mata seperti makanan yang  mengandung vitamin A, vitamin C serta mengandung antioksidan sehingga akan membantu mencegah dari berbagai penyakit. Beberapa makanan yang baik pada mata adalah alpukat, wortel, tomat, brokoli, bayam, bawang putih, telur, dan lai sebagainya.

Ketiga :  Jagalah posisi membaca dengan benar


Keempat : Jagalah jarak saat membaca


Kelima : Gunakan penerangan yang baik


Keenam :  Gunakan pelindung mata saat melakukan kegiatan yang dapat mengganggu mata.


Ketujuh : Istirahatlah yang cukup

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar