Minggu, 04 November 2012

Ingin Baterai Tidak Cepat Boros ? Cobain Teknologi Ini

Oleh : Yossie Dwi P

Smartphone masih butuh baterai mumpuni
Foto : Ist 
 
Ghiboo.com - ​Ditengah serbuan smartphone dan tablet berteknologi canggih, baterai masih menjadi kendala utama yang dirasakan oleh pengguna.


Dikutip dari Techradar, Minggu (4/11), namun kini, para peneliti dari Eta Devices dilaporkan telah menemukan cara untuk memangkas konsumsi baterai menjadi setengahnya.


Hal ini tentunya akan membuat daya tahan baterai menjadi lebih panjang, dan pengguna bisa menggunakan perangkatnya lebih lama tanpa takut kehabisan baterai.


Seperti diketahui, salah satu bagian dari smartphone yang paling menguras tenaga baterai adalah Power Amplifier. Bagi yang belum mengenalnya, chip ini berfungsi untuk mengubah listrik menjadi sinyal radio dan membuat perangkat tetap terhubung ke jaringan wireless.


Power Amplifer disinyalir akan menghabiskan 65 persen dari tenaga baterai. Sebuah alat yang boros energi, namun tak mungkin dihilangkan.


Solusinya, Ete Devices mencoba mendesain ulang Power Amplifier memakai teknologi bernama Asymmetric Multilevel Outphasing. Teknologi tersebut secara cerdas akan memilih voltase paling minimum untuk mempertahankan koneksi, dan meng-update sekitar 20 juta kali per detik untuk memastikan efisiensi terbaik.


Saat ini, para peneliti itu masih mengembangkan dan menyempurnakan teknologi tersebut. Jika sesuai dengan jadwal, tahun 2013 nanti Eta Devices berharap hasil kerja mereka sudah bisa digunakan. Kita tunggu saja saat dimana baterai tak lagi menghalangi potensi dari sebuah smartphone.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar