Minggu, 11 November 2012

Cara Memasukkan Data Dengan Menggunakan Form di Ms Excel

Pada Ms Excel Ini Hal Yang Biasa Kita Melakukan Untuk Memasukkan Data Dengan Secara Lamgsung Mengetik Dan Menuliskan Data Pada Sel, Data-data Tersebut Dapat Berupa Tulisan Kata Dan Kalimat Maupun Data Yang Berupa Angka. Data-data Dalam Ms Excel Kebanyakan Berupa Data Dalam Bentuk Tabel. Sehingga Dengan Memasukkkan Data Dapat Di Lakukan Secara Berurutan Kebawah Dan Kesamping. Dalam Hal Ini Anda Dapat Mengatur Pergeseran Sel Ketika Tombol Enter Di Klik, Kebawah Dan Kesamping.

Agar Seleksi Sel Bergerak Ke Kanan Setelah Tombol Enter Di Tekan Pada Ms Excel.

1.- Klik Office Button Pada Pojok Kiri Atas Jendela Excel Kemudian Pilih Excel Options.

 Dengan Merubah Arah Sel Ketika Menekan Tombol Enter.

2.- Pada Jendela Yang Muncul Pilih Advanced di Panel Sebelah Kiri Terus Pada Panel Di sebelah Kanan Ubah Pilihan After Pressing Enter, Move Selection Direction Dari Down Menjadi Right.

Merubah Arah Sel Ketika Menekan Tombol Enter.

3.- Klik Saja Ok.

Mulai Saat Ini Ketika Menekan Tombol Enter, Sel Aktif Akan Bergerak Kekanan. Dan Untuk Mengembalikan Ke Yang Semula..! Ubah Kembali Dari Right Menjadi Down Dan Klik Ok.

Kita Kembali Ke Cara Memasukkan Data Dengan Menggunakan Form di Ms Excel.

Selain Cara Memasukkan Data Dengan Secara Langsung Dengan Mengetikkan Pada Sel. Cara Yang Lain Memasukkan Pada Ms Excel Yaitu Dengan Menggunakan Fasilitas Form. Yang Lebih Jelasnya Simak Langkah-langkah Di Bawah Ini.

Yang Pertama Anda Harus Memunculkan Fasilitas Form Di Quick Access Toolbar.

1.- Klik Kanan Pada Ribbon Kemudian Pilih Customize Quick Access Toolbar.
2.- Pada Pilihan Choose command From Pilih All commands.
3.- Pada Pilihan Yang Di Bawah Nya Scroll Kebawah Dan Pilih Form Lalu Klik Add Untuk Menempatkan Form Pada Quick Access Toolbar.

 

4.- Lalu Kilk Ok Maka Form Telah Berada Di Quick Access Toolbar.

Dengan Menggunakan Fasilitas Form Dapat Di Lakukan Dengan Langkah-langkah Berikut Di Bawah Ini.

1.- Buat Tabel Di Ms Excel Kemudian Blok Kepala Tabelnya, Atau Pilih Sel Di Kepala Tabel Tersebut.
2.- Klik Form Yang Ada Pada Quick Access Toolbar, Kalau Ada Muncul Peringatan Klik Saja Ok. Maka Akan Ada Tampil Form Pengisian Data Sesuai Dengan Isi Kepala Kolom Tersebut.
3.- Lalu Masukkan Data Pada Kotak Yang Ada, Dan Anda Dapat Menggunakan Tombol Tab Untuk Berpindah Ke Kotak Isian Yang Berikutnya.
4.- Untuk Memasukkan Data Yang Selanjutnya Klik Tombol New Maka Data Yang Telah Di Tulis Akan Masuk Kedalam Tabel Yang Telah Anda Buat.

 

5.- Seandainya Data Telah Selesai Di Masukkan..! Lalu Tutup Form Dengan Meng Klik Close.

Sekian Saja Ucapan Terimakasih Saya http://cirikhusus.blogspot.com/2012/11/cara-memasukkan-data-dengan-menggunakan.html.   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar