Sabtu, 03 November 2012

3 Jenis Makanan Ini Dapat Meredam Alergi


 
 
Timbulnya alergi sering diakibatkan oleh kondisi tubuh yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan udara dan cuaca. Atau bisa juga diakibatkan oleh kesalahan mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang tidak bisa diterima oleh tubuh kita. Mengutip dari sebuah web ivillage.com, bahwa terjadinya alergi ini diakibatkan oleh karena menurunnya kekebalan tubuh. Yang biasa kita lakukan adalah ketika merasakan alergi, maka kita langsung mengambil obat untuk meredakannya. Padahal belum tentu berbagai obat tersebut juga cocok buat tubuh dan biasanya menimbulkan ketagihan.


Beberapa jenis makanan dan minuman ringan berikut ternyata dapat membantu menyingkirkan alergi dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengkonsumi Plain yogurt

Dalam sebuah penelitian di Italia, minum dua cangkir yogurt tawar dapat mencegah alergi hinga 40 persen. "Bakteri baik yang ada pada yogurt memiliki fungsi sebagai anti inflamasi. Molekulnya juga memberi kekebalan pada daya tahan tubuh," demikian menurut penjelasan Jeanne Drisko, MD, kepala pengobatan integratif di University of Kansas Medical. Maka dari itu Anda disarankan untuk memilih yogurt bebas gula. Kenapa ? Karena pemanis buatan yang biasa digunakan untuk perasa, yakni enam hingga 10 sendok sirupjagung fruktosa, justru akan memperburuk kondisi tubuh.

Minum Teh

Tahu  nggak , bahwa Langkah  paling sederhana untuk menghilangkan alergi adalah dengan meminum teh. Sederhana sekali. Karena teh bisa anda dapatkan di mana-mana. Caranya mudah. Anda dapat menyeduh teh hitam atau teh hijau. Menurut penelitian di United States Department of Agriculture (USDA), antioksidan pada teh dapat meredakan alergi dan meningkatkan sistem imun tubuh. Diamkan teh setidaknya tiga menit untuk memaksimalkan antioksidan larut dalam minuman.

Konsumsi Kenari

Biji kenari juga merupakan makanan yang dianjurkan untuk meredakan alergi di samping yogurt dan teh. Dalam Kenari terkandung asam alfa linolenat (ALA) dan omega 3 yang cepat bereaksi untuk meredakan keluahan alergi. Sebuah Studi yang dilakukan Fred Pescatore, M.D., penulis buku "The Allergy and Asthma Cure" menyatakan, kandungan lemak yang terdapat pada kenari adalah lemak sehat yang membuat sistem kekebalan tubuh terorganisir dengan kuat. Sehingga virus dan juga sel kanker tidak bereaksi lebih pada tubuh. Hasil penelitian ini juga diterbitkan pada European Journal of Clinical Nutrition. Ia juga menyarankan pada Anda agar mengkonsumsi dua ons kenari setiap harinya untuk memberikan kekebalan pada tubuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar