Jumat, 26 Oktober 2012

Mengenal Penyakit Lupus, Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Lupus, Gejala dan Pengobatannya - Penyakit Lupus - Lupus adalah penyakit autoimun dan efek sistem organ, kulit, sendi, dan organ internal. Penyakit lupus dapat mempengaruhi pria maupun wanita, tetapi delapan kali lebih besar pada wanita. Hal ini juga dapat terjadi pada usia berapa pun, namun rentang usia khas untuk seseorang untuk menderita penyakit lupus adalah 10-50 tahun. Penyakit lupus biasanya turun-temurun, tetapi dalam beberapa kasus ditemukan tidak ada riwayat keluarga.

Lupus adalah penyakit yang sangat berkaitan dengan pertahanan terhadap tubuh sendiri. Penyakit lupus terjadi ketika antibodi menyerang sel sehat dalam tubuh. Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan. Kebanyakan kasus memiliki latar belakang dari riwayat keluarga yang pernah terkena sebelumnya, namun dalam beberapa kasus tidak ada penyebab yang jelas untuk penyakit ini. Penyakit lupus telah banyak diteliti dan telah dikaitkan dengan gangguan lain, tetapi hanya dalam teori, tidak ada yang jelas dinyatakan sebagai fakta.

Gejala penyakit lupus
Gejala ini dapat bervariasi dalam berbagai bidang dalam tubuh. Di daerah muscloskeletal yang mempengaruhi sendi dan menyebabkan nyeri sendi ringan sampai parah. Lupus diketahui menyebabkan athritis di tangan. Kulit biasanya menjadi ruam, lesi, dan nodul yang menyakitkan, muncul hingga besar menjadi memar. Sistem saraf bisa menyebabkan disfungsi mental, kejang, psikosis, dan sakit kepala parah. gumpalan darah dapat terjadi serta pulmonary embolism.Jantung dapat menghasilkan nyeri dada, endocraditis, dan miokarditis. Gejala juga bisa menimbulkan efek lupus di dalam darah, dengan pembekuan yang dapat terjadi. Sesak napas dan bahkan pleurisy dapat terjadi di dalam paru-paru akibat penyakit lupus.

Pengobatan Penyakit Lupus
Bentuk pengobatan untuk penyakit lupus harus berkonsentrasi pada efek samping. Tidak ada obat untuk penyakit lupus itu sendiri, sehingga yang dilakukan dokter adalah dengan mengurangi gejala. Obat anti-inflamasi diberikan jika terjadi rasa sakit akibat arthritis serta radang selaput dada. Ruam kulit dapat dibantu dengan Kortikosteroid yang biasanya dalam bentuk krim atau lotion untuk tidak hanya menjernihkan ruam, tetapi juga untuk penyembuhan. Gejala yang parah harus diperiksa oleh dokter spesialis agar dilakukan pemeriksaan dan tes agar lebih menunjang pengobatan yang efektif.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar