Minggu, 28 Oktober 2012

Membuat Jaringan Komputer LAN (UTP)

Seperti pada postingan sebelumnya mengenai cara menghubungkan 2 komputer dengan kabel Lan (UTP), nah pada kali ini postingannya hampir sama dan sebagai bahan tambahan dan untuk bahan perbandingan bagi anda yang kebetulan akan membuka usaha jasa layanan Warnet yang didalamnya meliputi browsing, game online atau sejenisnya. Dengan membuka warnet, tentunya si pemakai jasa layanan warnet akan membutuhkan yang simple, seperti melakukan print langsung dari server Client ke Billing. Dengan begitu tetntunya diperlukan sharing data, sharing koneksi internet antara komputer satu dengan komputer lainnya supaya dapat berhubungan. Maka perlu dibuat suatu jaringan komputer.  Kita dapat menggunakan sharing data dengan membuat jaringan komputer LAN (Local Area Network) dengan kabel UTP. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan kabel standar untuk koneksi jaringan LAN.

Di zaman sekarang ini, untuk perangkat PC / komputer sudah dilengkapi dengan fasilitas LAN Card  atau NIC (Network Interface Controller) atau Ethernet Card yang ada didalam CPU seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Nah sekarang mari kita belajar membuat jaringan LAN sederhana dengan kabel UTP untuk proses sharing data antar komputer satu dengan komputer yang lainnya.

Membuat Jaringan Komputer LAN (UTP)

Misalnya komputer yang akan dibuat saling berhubungan berjumlah 2 bh komputer/PC, maka cukup memakai 1 kabel UTP saja dan mengenai panjangnya sesuaikan aja dengan lokasi antar komputer dan pada kedua ujung kabelnya harus terpasang konektor RJ-45 dengan konfigurasi Cross/silang. Dan jika komputer yang akan dibuat saling berhubungan berjumlah lebih dari 2 bh, misalnya 6 bh komputer/PC, maka perlu disediakan Switch / Hub, lihat gambar dibawah ini. Gunakan kabel UTP dengan konektor RJ-45 pada kedua ujung kabel dengan konfigurasi Straight/lurus pada tiap komputer yang akan dihubungkan ke Switch/Hub.

Membuat Jaringan Komputer LAN (UTP)

Konfigurasi Alamat IP (Internet Protocol / TCP IP)

Untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lainnya, maka pada tiap-tiap komputer harus diberi alamat IP Address, caranya seperti dibawah ini :

1. Masuk ke Network Connection dengan cara klik Start => Control Panel => Network Connection
2. Klik 2x pada Local Area Connection (pada General pilih Properties)

Membuat Jaringan Komputer LAN (UTP)

3. Klik 2x pada pada Internet Protocol (TCP / IP)

Membuat Jaringan Komputer LAN (UTP)

4. Klik Use The following IP Address, lalu isi IP address dan Subnet Mask

Membuat Jaringan Komputer LAN (UTP)

Misalkan anda mempunyai :
- Komputer 1 dengan IP Address : 192.168.1.1
- Komputer 2 dengan IP Address : 192.168.1.2
- Komputer 3 dengan IP Address : 192.168.1.3
- Komputer 4 dengan IP Address : 192.168.1.4
- Komputer 5 dengan IP Address : 192.168.1.5
- Komputer 6 dengan IP Address : 192.168.1.6

Dan untuk Subnet Mask harus sama yaitu pada default : 255.255.255.0

5. Berikutnya klik kanan pada My Computer pilih Properties

Membuat Jaringan Komputer LAN (UTP)

Pilih dan klik Change untuk merubah nama komputer serta menyamakan Workgroup-nya
maka akan keluar jendela seperti dibawah ini :

Membuat Jaringan Komputer LAN (UTP)

6. Pada komputer pertama silahkan beri nama pada Computer name => komputer 1 begitu juga pada komputer 2, 3, 4, 5 dan 6.

7. Pastikan tulisan WORKGROUP yang ada pada kotak workgroup dan lakukan hal yang sama pada semua komputer.

8. Kini untuk cara memasang jaringan sudah selesai, selanjutnya restart komputer anda supaya koneksi antar PC/komputer dapat resolve dengan baik. Untuk mengetahui koneksi antar komputer sudah berhasil tersambung atau tidak, sebaiknya lakukan PING dari komputer satu ke komputer lainnya dari command prompt.

Cara PING-nya, misalnya dari komputer 1 ke komputer 2 :
  1. Di Komputer 1 : klik Start => Run => ketik CMD dan OK, maka akan tampil Command Prompt
  2. Ketik ping 192.168.1.2  tekan enter dan jika keluar replay dari komputer 2 maka komputer telah terkoneksi dengan baik
  3. Lakukan perintah yang sama untuk semua komputer pastikan replay dari masing-masing komputer

Jika koneksi belum terhubung, ada perintah Request time out, maka lakukan pengecekan lagi terhadap langkah-langkah diatas.

2 komentar:

  1. Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU ENDANG WULANDARI .saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 9 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jta 5000.ribu /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata fositip tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI

    BalasHapus