Sabtu, 27 Oktober 2012

Mari Mengenal Serangan Jantung Sejak Dini

 seranan jantung 

Serangan jantung adalah suatu kondisi ketika kerusakan dialami oleh bagian otot jantung ( myocardium) akibat berkurangnya pasokan darah ke bagian otot jantung secara mendadak.Berkurangnya pesokan darah ke jantung secara tiba-tiba dapat terjadi ketika salah satu nadi koroner terblokade selama beberapa saat,entah aibat spasme-mengencangnya nadi koroner-atau akibat pernggumpalan darah-thrombus.

Bagian otot jantung yang biasanya dipasok oleh nadi yang terblokade berhenti berfungsi dengan baik segera setelah splasme reda dengan sendirinya,gejala-gejala hilang secara menyeluruh dan otot jantung berfungsi secara betul-betul normal lagi.

Ini sering disebut crescendo angina atau coronary insufficiency.Sebaliknya ,apabila pasokan darah ke jantung berhenti sama sekali,sel-sel yang bersangkutan mengalami perubahan yang permanen hanya dalam beberapa jam saja dan bagian oto jantung termaksud mengalami penurunan mutu atau rusak secara permanen .Otot yang mati ini disebut infark.

Sebagian besar orang yang pernah terkena serangan jantung tidak menyadari kalau yang dialaminya itu adalah serangan jantung.Bahakan ada ayang menganggapnya sebgaio sekadar rasa cemas atau gejala gangguan pencernaan.

Rasa sakit di jantung memang sulit dideteksi karena jantung tidak memiliki serabut sakit secara khusus sehingga tidak dapat merasakan sakit secara langsung.Karenanya ,bila ada yang tidak beres dengan jantung,saraf-saraf lain akan menjadi tidak terkendali secara elektris.

Rasa sakit akan terasa bila terjadi “korsleting”  di saraf-saraf tertentu,misalnya saraf yang berhubungan dengan dada.Namun ,bila tidak ada “korsleting”  ,rasa sakit tidak akan terasa.Makanya ,ada yang mengalami serangan jantung tanpa merasakan gejala-gejala umum.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar