Sabtu, 27 Oktober 2012

Manfaat dan Khasiat Yoga Untuk Kesehatan



Senam Yoga adalah suatu seni olah tubuh dan pernapasan yang berasal dari India sekitar 7.000 tahun lalu ini, telah menjadi tren di Indonesia sejak lima tahun terakhir.Manfaat yoga telah terbukti secara ilmiah bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut adalah beberapa manfaat yoga untuk kesehatan :

A.Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Fisik :
1.Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh.
Gerakan-gerakan yoga dapat membantu meregangkan dan meningkatkan fleksibilitas tubuh,kelenturan tubuh akan meningkat.Tubuh yang dapat mengalami peningkatan kelenturan terutama pada paha belakang,punggungmbahu,dan pinggul dengan melakukan gerakan yoga secara teratur.

2.Menigkatkan Kekuatan Tubuh.
Beberapa pose pada gerakan yoga juga mengharuskan kita untuk menopang berat dari tubuh sendiri,termasuk menyeimbangkan tubuh pada satu kaki ( seperti dalam Tree Pose) atau mengukung tubuh dengan tangan (seperti dalam pose Downward Facing Dog). Oleh karena itu jika melakukan latihan dengan perpindahan satu pose ke pose lain akan meningkatkan pula kekuatan kita.

3.Mengembangkan otot.
Selain meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh,yoga juga dapat mengencangkan otot-otot serta mengikatkan massa otot.

4.Mencegah Nyeri.
Dengan adanya peningkatan fleksibilitas dan kekuatan tubuh ,dapat membantu mencegah sakit punggung dan nyeri punggung.Ketika banyak orang yang menderita sakit punggung karena banyak menghabiskan waktunya duduk di depan komputer atau mengemudi mobil,atau kegiatan lainnya.Yoga adalah salah satu solusi efektiv yang dapat melemaskan kembali tulang dan otot yang kaku sehingga mencegah nyeri punggung.

5.Memperlancar Pernapasan.
Pada saat melakukan latihan yoga,ada gerakan pernapasan yang disebut dengan Pranayama yaitu dengan menarik napas sedalam-dalamnya dan menghembuskannya sekuat-sekuatnya.

Dengan pranayama,kita juga memberi perhatian pada nafas dan mengjarkan begaimana kita dapat menggunakan paru-paru untuk meningkatkan taraf kesehatan.Dengan latihan napas juga dapat membantu membersihkan saluran pernapasan dan bahkan menenangkan sistem saraf pusat.


B.Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental :

1.Ketenangan Mental.
Bentuk latihan yoga memang menekankan tingkat konsentrasi yang tinggi.Dengan konsentrasi yang tinggi,tentunya memiliki pengaruh terhadap ketenangan pikiran.Teknik meditasi pada yoga adalah kunci dari penenangan pikiran,yang akan mempengaruhi terhadap kesehatan mental.

2.Mengurangi Stres.
Dengan konsentrasi yang cukup tinggi,pikiran akan lebih tenang,sehingga strespun akan bisa dikurangi bahkan hilang.Konsentrasi bisa menjadi sarana relaksasi pikiran yang sangat dibutuhkan oleh pikiran yang sedang stres.

3.Kesiagaan Tubuh.
Dengan melakukan gerakan yoga secara teratur,menafaat yoga akan berkembang menjadi ke arah peningkatan kesadaran serta kesiagaan tubuh.Banyak gerakan halus yoga yang dapat meningkatkan keselarasan dan kesiagaan tubuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar