Minggu, 28 Oktober 2012

Manfaat dan Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatan


manfaat kacang hijau 

Kacang Hijau,pasti kita semua sudah mengenalnya.Jenis kacang-kacangan yang berwana hijau ini selain enak kalau kita olah menjadi makanan olahan tertentu seperti bubur atau olahan lainnya ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan yang sangat luar biasa.

Salah satu kehebatan kacang hijau adalah walaupun direbus lama,namun khasiatnya masih utuh,sehingga tidak perlu khawatir akan gizinya yang berkurang.

Kacang hijau (Phaseolus aureus) terkenal sebagai sumber protein  nabati, vitamin (A, B1, dan C), serta beberapa mineral, fosfor, zat besi, mangan, dan kalsium yang penting bagi tubuh kita. Manfaat kacang hijau dikenal dapat membuat otak lebih cerdas dan mudah dalam berfikir. Hal ini tidak lain adalah berkat kandungan protein yang tinggi dalam kacang hijau tersebut.

Selain itu, kacang hijau juga mengandung vitamin E untuk membantu meningkatkan kesuburan. Sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan karena bersifat alkalis (basa). Untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

Langsung saja,berikut adalah manfaat kacang hijau bagi kesehatan :

1.Kacang Hijau bermanfaat untuk kesehatan jantung. Hal itu bisa terjadi karena dalam kacang hijau tersebut mengandung lemak tak jenuh atau rendah lemak yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

2.Kacang hijau sangat baik untuk pertumbuhan. Kacang hijau banyak mengandung Vit B1 sehingga sangat bermanfat untuk menambah pertumbuhan terutama untuk anak-anak. 

3.Kacang hijau juga bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang. Terutama untuk usia 30 ke atas. Hal ini bisa terjadi karena dalam kacang hijau banyak mengandung fosfor dan kalsium yang sangat baik untuk menjaga kekuatan tulang.

4.Kacang hijau sangat baik untuk ibu hamil. Hal ini karena kandungan asam folatnya.Asam folat sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan saraf  pada bayi dalam kandungan dan dengan kandungan asam folat ini bayi dapat terhindari dari terjadinya kelainan jantung, bibir sumbing, dan berbagai kecacatan lainnya.

5.Manfaat Kacang  hijau selanjutnya yaitu sangat berkhasiat membantu penyerapan protein, sebagai pencegah kanker, beri-beri,hingga meningkatkan kinerja syaraf.Hal ini karena kacang hijau mengandung vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar