Sabtu, 27 Oktober 2012

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

manfaat daun sirih

Daun sirih adalah tanaman yang sudah  sejak jaman nenek moyang dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. 

Daun sirih yang mempunyai nama latin Piper Betle L merupakan tanaman asli Indonesia  yang biasanya tumbuh merambat, tapi lebih sering bersandar pada batang pohon.
Daun sirih memiliki banyak kandungan yang bermanfaa bagi kesehatan dan kecantikan. 

Beberapa kandungan yang terdapat pada minyak atsiri yang dihasilkan oleh daun sirih adalah minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Sehingga tak jarang di jaman yang modern ini,daun sirih masih digunakan dalam dunia medis sebagai obat tadisional yang memang sangat ampuh khasiatnya.

Berikut adalah beberapa manfaat daun sirih :
1.Menghilangkan bau mulut tak sedap dan mencegah kerusakan gigi.
Caranya rebus beberapa lembar daun sirih hingga mendidih, kemudian diamkan sampai hangat, gunakan air rebusan tersebut untuk kumur-kumur. Anda juga bisa langsung mengunyah selembar daun sirih untuk menghilangkan bau mulut dan mencegah kerusakan gigi.
2.Menghilangkan bau badan dan ketiak.
Kandungan atsiri dalam daun sirih dapat membunuh kuman penyebab bau badan.Cara menggunnakannya adalah dengan menggunakan daun sirih sebagai sabun mandi atau menggunakan sabun sirih yang ada di pasaran.Atau bisa juga menggunkan beberapa helai daun sirih lalu direbus,kemudian airnya dapat diminum setiap hari secara rutin.
3.Mengobati mimisan atau hidung berdarah.
Biasanya untuk obat hidung berdarah atau mimisan , dipakai 2 lembar daun sirih segar dengan tujuan mengeluarkan minyaknya, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung untuk menyumbat aliran darah yang 
keluar.

4.Mengobati keputihan.
Khasiat daun sirih  ini digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan karena salah satu khasiat dari sirih merah adalah sebagai antiseptik.Cara menggunakanannya adalah dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk membilas organ kewanitaan secara berulang-ulang.Anda juga bisa menggunkan sabun atau pembersih yang mengandung bahan daun sirih  agar lebih praktis.
5.Untuk mengobati batuk.
Daun sirih dapat digunakan untuk mengobati batuk.Caranya adalah dengan menyediakan 5 lembar daun sirih, 11 biji cengkeh, 11 biji kemukus, dan 11 biji kapulaga, serta kayu manis seukuran jari tangan. Cuci semua bahan tersebut dan rebus kedalam 2 gelas air. Tunggu hingga air yang tersisa tinggal 1,5 gelas. Saring airnya dan minum 3 kali sehari.
Selain manfaat diatas ,khasiat daun sirih yang lain adalah untuk mengatasi penyakit seperti kencing manis, kanker, asam urat, hepatitis, kelelahan dan maag, peradangan, hipertensi (darah tinggi), dan ambien.
 
Juga manfaat berikut :

Kegunaan Daun Sirih:
- Batuk
- Sariawan
- Bronchitis
- 
Jerawat
- Keputihan
- Sakit gigi karena berlubang (daunnya)
- Demam berdarah
- Bau mulut
- Haid tidak teratur
- Asma
- Radang tenggorokan (daun dan minyaknya)
- Gusi bengkak (getahnya)
- Membersihkan Mata
- Bau ketiak

Sebagai Obat Luar:
- Eksim
- Luka bakar
- Koreng (pyodermi)
- Kurap kaki
- Bisul
- Mimisan
- Sakit mata
- Perdarahan gusi
- Mengurangi produksi ASI yang berlebihan
- Menghilangkan gatal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar