Sabtu, 27 Oktober 2012

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Merah


Daun sirih merah yang memiliki nama latin Piper Crocatum adalah tanaman asli Indonesia yang sering dijadikan sebagai tanaman hias. Maklum, tanaman yang masuk dalam keluarga piperaceae ini menarik dipandang mata. Daun sirih merah sama halnya dengan daun sirih hijau juga tumbuh merambat di pagar atau pohon.

Ciri khas tanaman tropis ini adalah berbatang bulat hijau keunguan,dengan ada garis merah dan tidak berbunga. Permukaan daun sirih merah mengkilap dan tidak merata serta sebagai produksi teh merah bertangkai membentuk jantung hati dan bagian atasnya meruncing.

Namun,tahukah Anda ? bahwa tanaman ini tak hanya sebagai tanaman hias,juga sebagai tanaman yang kaya akan manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.Manfaat daun sirih merah ada  karena kandungannya yang cukup banyak dan bermanfaat.

Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fito-kimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Secara empiris sirih merah dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat, kanker, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi dan memperhalus kulit.

Kandungan kimia lainnya yang terdapat di dalam daun sirih merah adalah minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, pcymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, terpenena, dan fenil propada.

Karvakrol bersifat desinfektan, antijamur, sehingga bisa digunakan sebagai obat antiseptik untuk menghilangkan bau mulut dan keputihan. Eugenol bisa mengurangi rasa sakit, dan tanin mengatasi sakit perut.

Dalam tradisi pengobatan di jawa dan beberapa daerah lainnya di Indonesia,daun sirih merah banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan ,seperti bau mulut,keputihan ,dan ambien.Kandungan Alkoloid pada tanaman daun sirih merah berfungsi sebagai antimikroba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar