Sabtu, 27 Oktober 2012

Manfaat dan Khasiat Daun Pepaya

Pepaya adalah tanaman yang serba guna untuk kesehatan .Karena tanaman pepaya selain manfaat buah pepaya,daun pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.


 
 
Walaupun rasanaya yang pahit,justru dibalik rasanya yang pahit itulah daun pepaya menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Berikut adalah beberapa manfaat daun pepaya yang perlu diketahui :

1. Daun Pepaya Sebagai Obat jerawat.
Bagi kamu yang merasa tidak pede mempunyai wajah berjerawat. Terutama bagi wanita yang selalu memperhatikan kecantikan. Daun pepaya dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker.Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua.Kemudian jemur dan tumbuk sampai halus. Tambahkan satu setenagh sendok air, baru deh dapat di manfaatkan untuk muka penuh jerawatmu.


2. Daun Pepaya Bermanfaat Memperlancar pencernaan.
Daun pepaya juga baik untuk usus dan mencegah gangguan pencernaan, yakni karena khasiat antibiotik senyawa karpain dalam pepaya.Kerena karpainlah yang membantu membunuh mikro organisme. Caranya, daun pepaya dapat diolah menjadi masakan sesuai selera dan kemudian dikonsumsi.


3. Daun Pepaya Menambah nafsu makan.
Manfaat ini mungkin masih jarang yang mengetahuinya.Manfaat ini terutama untuk anak-anak yang sulit untuk makan.Cobalah resep ini : Ambil daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Kalau sudah ketemu tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya, nah air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.


4. Daun Pepaya Mengatasi Demam berdarah.
Siapa sangka kalau pepaya juga dapat untuk menyembuhkan demam berdarah. Coba ambil 5 lembar daun. Tambahkan setengah liter air lalu direbus. Ambil air tersebut jika sudah tertinggal tiperempatnya saja. Bintang sendiri belum pernah membuktikannya, jadi jika keadaan tidak membaik segera segera ke dokter (bahkan kalaupun memabaik segera bawa ke dokter). Anggap saja ini untuk pertolongan pertama!

5. Daun Pepaya Mengobati Nyeri haid.
Kegunaan daun pepaya berikutnya adalah untuk mengobati nyeri hait.Wanita jawa zaman dulu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Caranya : Cukup Ambil 1 lembar daun saja, Tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air dan Rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.

6.Daun Pepaya Sebagai Anti kanker.
Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena kedanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar