Sabtu, 27 Oktober 2012

Manfaat dan Khasiat Buah Salak Untuk Kesehatan



Salak adalah tanaman tropis yang memiliki nama ilmiah Salacca Edulis  yang hanya tumbuh di daerah tropis dan banyak diminati oleh masyarakat Eropa dan Amerika.

Buah salak dengan ciri-ciri berbentuk bulat atau bulat telur terbalik dan salah satu pangkalnya meruncing. Kulit berwarna kuning sampai hitam dengan sisik yang tersusun rapi. Daging buah berwarna putih dan terdapat biji di tengahnya.

Jenis varietas salak yang umum ditemui adalah salak pondoh, salak bali, salak suwaru dan salk condet.Buah ini selain rasanya yang bervariasi,seperti manis,asam,sepat,atau kombinasinya,ternyata kandungan gizi pada salak cukup banyak sehingga dapat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Berikut adalah kandungan gizi pada buah salak per 100 gr :

No
Kandungan gizi
Proporsi
1
Kalori
77 kal
2
Protein
0,40 g
3
Karbohidrat
20,90 g
4
Kalsium
28,00 mg
5
Fosfor
18,00 mg
6
Zat besi
4,20 mg
7
Vitamin B
0,04 mg
8
Vitamin C
2,00 mg
9
Air
78,00 mg
10
Bagian yang dimakan
50%

Dan berikut adalah beberapa manfaat salak bagi kesehatan :
1.Manfaat Buah SalakSebagai Obat Mata.
Buah salak ternyata mengandung betakaroten,yang sangat baik untuk memelihara kesehatan mata.Penelitian terakhir menyebutkan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram salak kurang lebih 5,5 kali lebih banyak dibanding buah mangga, 3 kali lebih banyak dibandingkan jambu biji dan 5 kali dari semangka merah

2.Manfaat Buah SalakSebagai Obat Diare/Mencret.
Ketika Anda terserang diare, jangan buru-buru mengkonsumsi obat-obatan buatan pabrik. Tidak ada salahnya untuk mencoba obat yang alami terlebih dahulu. Dengan mengkonsumsi sebanyak kurang lebih 20 gram daging buah salak segar yang masih muda dapat mengurangi penyakit diare. Selain alami, buah ini juga mudah kita jumpai,misalnya di toko buah,pasar buah,atau langsung pada kebunnya.

3.Manfaat Buah SalakDapat Sebagai Cemilan Sehat.
Salak sering dijadikan sebagai buah yang biasa dihidangkan di meja. Rasanya ada yang manis, asam, sepat, atau campuran ketiganya. Selain rasanya yang enak dan segar ketika dimakan, buah ini juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan.

4.Manfaat Buah SalakUntuk Membantu Program Diet.
Kandungan zat gizi dan fitonutrien yang ada di dalam buah salak memang berpotensi membantu program diet.  Di dalam buah salak terdapat vitamin C sebanyak 2 mg, tanin dan serat. Kita mengetahui bahwa serat dapat memberikan rasa penuh atau kenyang lebih lama karena memerlukan waktu untuk diserap oleh usus.

Salah satu manfaat dari buah salak adalah dapat membantu program diet, Kandungan zat gizi dan fitonutrien yang ada di dalam buah salak memang berpotensi membantu program diet.  Di dalam buah salak terdapat vitamin C sebanyak 2 mg, tanin dan serat. Kita mengetahui bahwa serat dapat memberikan rasa penuh atau kenyang lebih lama karena memerlukan waktu untuk diserap oleh usus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar