Minggu, 28 Oktober 2012

Manfaat dan Khasiat Buah Apel Untuk Kesehatan



Apel,Ada yang tidak tahu buah ini??

Buah apel adalah salah satu dari beragam jenis buah yang popular dan cukup mudah ditemui di Indonesia.Kita bisa mendapatkannya di pasar,super market,atau di kebun apel.

Tahukah anda ?

Berdasarkan penelitian, dalam satu buah apel saja diyakini memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Apel banyak memiliki kandungan vitamin, mineral serta unsur lain seperti fitokimian, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lainnya. Zat inilah yang sangat dipelukan bagi tubuh kita untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit. Sehingga apel ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Dan berikut adalah beberapa manfaat apel bagi kesehatan :

1.Mencegah Asma


Studi terkini menunjukkan bahwa seorang anak yang mengkonsumsi jus apel setiap hari secara rutin memiliki resiko sangat rendah terkena gangguan pernafasan dibandingkan anak yang hanya mengkonsumsi jus apel sebulan sekali. Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan anak yang dilahirkan dari seorang ibu yang gemar mengkonsumsi apel setiap harinya memiliki resiko yang rendah terkena asma, dibandingkan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi jus apel.


2.Mencegah Al-zheimer.


Studi yang dilakukan oleh Universitas Cornell menemukan bahwa kandungan quercetin pada apel akan melindungi otak dari radikal bebas yang membahayakan dan memicu penyakit Al-zheimer.

3.Mengurangi berat badan


Studi di Brazil menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi buah apel atau pir setidaknya 3 sehari selama diat akan lebih cepat menurunkan berat badan, dibandingkan mereka yang tidak memasukkan buah-buahan dalam menu diet.

Dala program diet ,apel sangat membantu menunjang keberhasilan program yang dijalankan.Sehingga sangat dianurkan mengkonsumsi buah apel saat melakukan program diet. Hal ini disebabkan karena manfaat buah apel yang mengandung serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat.


4.Mencegah Kanken Payudara

Studi yang dilakukan oleh Cornell University melakukan percobaan pada tikus, dan tikus yang makan apel sehari dalam memiliki resiko terkena kanker payudara 17% lebih rendah. Sedangkan tikus yang mengkonsumsi apel 3 kali dalam sehari, memiliki resiko lebih rendah terkena kanker payudara 39%. Meskipun percobaan ini diuji cobakan pada tikus, namun hal ini juga berdampak sama pada manusia.


5.Mencegah Kanker Usus

Dari sebuah studi yang dilakukan pada tikus, tikus yang diberi makan ekstrak kulit apel memiliki resiko 43% lebih rendah terkena kanker saluran pencernaan. Berdasarkan penelitian kandungan pectin pada apel-lah yang menekan resiko kanker pencernaan, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.


6.Melindungi Tulang

Penelitian di Perancis menemukan bahwa flavonoid yang disebut phloridzin yang terkandung pada apel bermanfaat untuk melindungi wanita pasca-monopause dari masalah osteoporosis, dan meningkatkan massa tulang. Boron, kandungan lain dari apel yang juga berfungsi untuk memperkuat tulang.

Hal ini karena apel mengandung banyak mineral .Mineral yang terkandung dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.


7.Mencegah Kanker Paru-Paru


Berdasarkan studi yang dilakukan pada 10,000 orang, mereka yang mengkonsumsi apel dengan kuantitas paling banyak memiliki resiko 50% lebih rendah terserang kanker paru-paru. Para peneliti mempercayai adanya kandungan flavonoid, quercetin, dannaringin inilah yang berperan dalam mencegah kanker paru-paru.


8.Mencegah Kanker Hati

Dari sebuah studi yang dilakukan pada tikus, tikus yang diberi makan ekstrak kulit apel memiliki resiko 43% lebih rendah terkena kanker saluran pencernaan. Berdasarkan penelitian kandungan pectin pada apel-lah yang menekan resiko kanker pencernaan, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

9.Menurunkan Kadar Kolestrol


Dalam hal ini apel berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang disebut LDL. Seseorang yang mengkonsumsi buah apel setidaknya 2 kali dalam sehari akan menurunkan kadar kolesterol jahat mereka sebanyak 16%.

Hal ini diakibatkan karena Buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.


10.Mengontrol Diabetes


Kandungan pectin pada apel mensuplai galacturonic acid yang akan menurunkan kebutuhan tubuh untuk melepaskan hormon insulin –salah satu hormon penyebab diabetes. Hal ini karena produksi insulin yang tinggi memicu diabetes, oleh karena itu apel juga bermanfaat untuk mengontrol seseorang yang terserang atau memiliki bakat –faktor genetik terserang diabetes.


11.Membersihkan dan Menyegarkan Mulut

Apel juga bisa digunakan sebagai media untuk membersihkan dan menyegarkan mulut. Hal ini karena memiliki kandungan tanin. Dimana Tanin ini adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut,sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar