Sabtu, 27 Oktober 2012

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda


 

Mata adalah anugrah tuhan kepada kita yang tak ternilai harganya.Tanpa mata,kita tidak bisa menikmati keindahan dunia.Jadi kita harus bersyukur atas anugrah tuhan ini dan kita perlu menjaga angerah tuhan ini.

Jika kita tidak mau menjaganya,trus rusak ,sehingga kita tidak bisa menikmati keindahan dunia ini,siapa yang mau mengalaminya ? Tentu kita semua tidak mau mengalaminya,sehingga kita sangat perlu untuk menjaga kesehatan mata.

Berikut adalah tips menjaga kesehatan mata :

1.Atur Jadwal Pemerikasaan Mata.
Kunjungilah dokter mata untuk memantau kesehatan mata Anda sebelum masalahnya timbul. Kunjungan ke dokter mata untuk pemeriksaan rutin bisa dilakukan setiap satu atau dua tahun sekali, lebih sering jika Anda memakai kacamata atau lensa kontak. 

Segeralah mengunjungi dokter mata jika Anda mengalami infeksi mata atau gejala seperti penglihatan berkurang, penglihatan kabur, mata nyeri/kemerahan dan gatal-gatal di sekitar mata atau kelopak mata karena infeksi atau penyakit mata kronis yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen atau kebutaan.

2.Lindungi Mata Dengan Kaca Mata Hitam anti UV
Apabila keluar rumah apalagi siang hari, usahakan jangan langsung kontak dengan matahari karena sinar UV dapat merusak mata, dan usahakan menggunakan kacamata anti radiasi untuk menjaga kesehatan mata yang mengandung 98% anti radiasi.

3. Mengkonsumsi Nutrisi untuk Mata
Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa vitamin dan kelompok antioksidan dapat mencegah, atau paling tidak memperlambat degenerasi makular dan pertumbuhan katarak. 

Nutrisi yang baik bagi tubuh juga baik untuk mata. Makan banyak buah dan sayur, terutama yang mengandung banyak vitamin A seperti tomat dan wortel. Selain itu, kandungan beta karoten dalam wortel adalah substansi terbaik untuk menjaga kesehatan mata.

4. Penggunaan cahaya yang cukup
Bekerja dengan cahaya minim dapat menyebabkan kelelahan mata, tapi cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Arah cahaya terbaik jika bekerja menggunakan komputer adalah dari lampu meja bercahaya lembut dari arah samping. 

Kurangi tingkat terang (brightness) monitor. Warnanya online pharmacy no prescription memang jadi tak terlalu tajam, tapi mata akan jadi lebih nyaman.

5. Istirahatkan mata Anda
Hampir semua orang merasakan mata mereka jadi tidak nyaman setelah duduk seharian di depan layar komputer. Hal ini disebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, yang menyebabkan mata jadi kering. Satu hal yang bisa dilakukan adalah menutup mata Anda dan menghitung sampai 5 sebelum membukanya kembali. 

Hal lainnya adalah berpaling dari layar monitor dan fokus pada sebuah objek yang jauh. Lakukan ini selama beberapa menit setiap 30 menit. Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar ruangan saat istirahat berkerja agar tidak terlalu pegal.
6. Cari lensa kontak dengan kualitas baik
Tidak semua lensa kontak sama. Ada yang aman untuk mata Anda, dan ada juga yang beresiko merusak mata.

7. Jika memakai lensa kontak, rawatlah dengan baik
Lensa kontak tidaklah begitu merepotkan, tapi Anda juga tak dapat mengabaikan kebersihannya. Setiap kali akan memakai atau melepaskan lensa kontak Anda, bilaslah. Anda juga harus mengganti cairannya, ketika Anda menaruh di tempatnya waktu Anda tidur di malam hari.

8. Pakailah lensa kontak sesuai jadwal yang disarankan
Ada orang yang berbiat menghemat dengan memakai lensa kontak lebih lama daripada yang dimaksudkan. Ini bukanlah hal yang baik. Meskipun kulitas lensanya tidak akan berkurang, tumpukan protein dapat mengaburkan penglihatan Anda. 

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah, semakin lama Anda memakai lensa kontak Anda, semakin tinggi resiko mata Anda terkena infeksi. Hindari memakai lensa kontak/contact lense lebih dari 19 jam karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan penglihatan secara ekstrim dan membuat mata tidak nyaman.

9.Gunakan filter monitor.
Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. Berbicaralah pada vendor perlengkapan komputer anda untuk mendapatkan filter yang baik dan mampu mengurangipengaruh radiasi, bukan hanya sekedar meredupkan cahaya monitor.

10. Letakkan kertas kerja agar mudah dibaca saat di depan komputer.
Jika anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda. Ini agar anda tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja anda, setelah membaca di layar monitor.

11. Gunakan Tetes Mata Yang Sesuai.
Gunakan tetes mata yang mampu mengatasi alergi seperti mata merah atau gatal-gatal selama musim alergi. Tapi ingat untuk menggunakannya sesekali saja karena penggunaan setiap hari hanya akan membuat kondisi mata memburuk. 

Baca label aturan pakai dengan teliti. Tidak boleh meneteskan banyak-banyak selama pemakaian lensa kontak. Selain itu, Anda harus berhati-hati memiilih obat tetes mata untuk menghindari kemungkinan bahaya bahan kimianya. Berkonsultasilah dengan dokter Anda terlebih dahulu.

12. Dinginkan 2 potong mentimun, masukkan ke dalam lemari pendingin selama beberapa menit, kemudian letakkan di atas mata dan tekan pelan-pelan selama 10 menit sebelum tidur malam untuk menghindari bengkak saat bangun.

13. Lakukan Palming
Palming adalah salah satu teknik yoga yang fungsinya menyegarkan penglihatan dan merilekskan syaraf. Caranya, gosok kedua telapak tangan hingga hangat, lantas tempelkan pada mata selama minimal 30 detik.

14.Berhenti Merokoki
Anda pasti sudah tahu bahwa merokok merugikan kesehatan. Namun, mungkin Anda belum tahu bahwa ada kaitan langsung antara merokok dan masalah mata. Jika Anda perokok, Anda berpeluang mengembangkan sejumlah penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, sindrom mata kering dan kerusakan saraf optik. 

Jika Anda sudah mencoba untuk berhenti merokok sebelumnya dan gagal, cobalah lagi. Studi menunjukkan bahwa semakin banyak Anda mencoba untuk berhenti merokok, semakin besar peluang keberhasilan Anda.
 15.Hentikan Tekanan Darah dan Gula Darah 
Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak diobati dapat memengaruhi penglihatan dan bahkan menyebabkan retinopati hipertensif, yaitu kerusakan retina karena tekanan darah yang terlalu kuat. 

Retina adalah lapisan jaringan di bagian belakang mata. Kerusakan retina menyebabkan penglihatan terganggu.Diabetes adalah salah satu penyebab utama kebutaan pada orang dewasa. 

Glukosa darah yang tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan retinopati diabetik dan komplikasi mata lain seperti glaukoma dan katarak. Bila Anda memiliki diabetes, sangat dianjurkan bagi Anda untuk makan makanan yang sehat, memeriksa gula darah secara berkala dan meminum obat atau mengambil suntikan insulin sesuai instruksi dokter.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar