Sabtu, 27 Oktober 2012

Inilah Bahaya Makan Mie Instan Bagi Kesehatan



Mie instan,siapa yang tak mengenalnya ? Mi instan adalah mie yang sudah dimasak terlebih dahulu dan dicampur dengan minyak, dan bisa dipersiapkan untuk konsumsi hanya dengan menambahkan air panas dan bumbu - bumbu yang sudah ada dalam paketnya.




 
Makanan ini sudah sering dikonsumsi dan hampir mendarah daging oleh masyarakat di Indonesia.Mengapa tidak ?mie instan memang makanan yang praktis untuk dimasak dan dikonsumsi ,dan harganyapun tergolong murah,sehingga banyak masyarakat yang lebih memilih mie instan.Apalagi rasa mie instan yang enak dan gurih dengan ditambahkan beberapa irisan cabe ataupun telur atau bahan lainnya.

Namun,tahukah anda?dibalik rasa,harga,dan cara mengolahnya yang praktis,mie instan jika dikonsumsi secara berlebihan atau setiap hari,mie instan akan berdampak negatif bagi kesehatan kita. Mie instan tidak bisa menggantikan makanan pokok seperti nasi yang lengkap dengan lauk pauknya.  Mie instan tidak juga memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Memang sih di dalam mie instan tersebut ada kandungan karbohidrat dalam jumlah cukup besar tetapi kandungan vitamin, mineral serta protein yang dibutuhkan oleh tubuh amatlah sedikit.  Tak hanya kandungan nutrisi pada  mie instan yang sedikit ternyata juga bisa mengakibatkan kanker jika dikonsumsi setiap hari dalam jangka waktu panjang.  Bahaya makan mie instan adalah kandungan natrium dalam mie instan ini cukup tinggi sehingga memang tak baik untuk penderita hipertensi dan maag.

Mengapa begitu dikarenakan bagi penderita maag, kandungan natrium yang tinggi tersebut akan bersifat menetralkan lambung sehingga akibatnya lambung akan mensekresi asam yang lebih banyak untuk mencerna makanan.  Akibatnya maka asam lambung akan naik dan terjadilah pengikisan dinding lambung.  Untuk penderita hipertensi hal ini cukup berbahaya dikarenakan akan meningkatkan tekanan darah karena jumlah natrium dan kalium yang tidak seimbang dalam darah.

Selain itu mie instan juga tidak dapat dikonsumsi oleh penderita autisme dikarenakan mengandung gluten yang memang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita autisme.  Nah memang jika mengkonsumsi mie instan sekali kali saja hal itu tidak akan berdampak buruk namun jika mie instan dikonsumsi setiap hari bahkan tiga kali sehari maka hal ini menimbulkan akibat negatif.  Salah satu hal yang perlu diperhatikan juga jika masak mie instan cobalah dengan menambahkan sayur sayuran untuk kebutuhan serat, daging ayam atau telur untuk proteinnya.

Menurut seorang ahli gizi klinik, Juniarta Alidjaja, orang yang kebanyakan makan mie instan tanpa diimbangi makanan berserat berpotensi mengalami gangguan kesehatan. Hal ini karena mie mengandung karbohidrat sederhana, lemak, dan kadar natrium tinggi. Misalnya obesitas, kenaikan kadar gula darah, kenaikan tensi tubuh dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar