Senin, 22 Oktober 2012

Inilah 6 Cara Melawan Ngantuk



1) Melakukan gerakan untuk memperlancar aliran darah yang kaya oksigen seperti, menggosok/memijit telapak tangan, telapak kaki, lengan, wajah, leher dll. Atau dengan melakukan olah raga ringan seperti sit-up, lari di tempat, dll.

2) Membasuh muka dan tengkuk atau sekalian mandi (tapi mandi di malam hari sebaiknya jangan), Hal ini untuk menimbulkan rasa segar untuk mencegah kantuk. Bisa juga dengan merendam kaki ke dalam air, atau memasukakan es batu ke celana anda (tapi yang ini terlalu ekstrim).

3) Mengkonsumsi makanan atau minuman pencegah kantuk, terutama yang mengandung nikotin seperti rokok atau kafein seperti kopi (tapi bagi yang belum cukup umur tidak dianjurkan), atau mengkonsumsi makanan yang renyah seperti biskuit, apel, atau kwaci. Bisa juga dengan meminum air atau juice dalam jumlah banyak, minum air soda, atau mengunyah permen karet.

4) Melakukan kegiatan-kegiatan tertentu untuk mencegah kantuk, seperti meditasi, mendengarkan musik atau lagu (sebaiknya dalam bahasa inggris atau bahasa lain yang tidak begitu dipahami artinya, atau musik tanpa lirik) untuk meningkatkan konsentrasi. Bisa juga dengan beristirahat sejenak (sekitar 15 menit) seperti mengobrol, main game, internetan, tidur sebentar dengan menyetel alarm (tapi terlalu beresiko). Atau pikirkanlah sesuatu yang memacu anda terus terjaga.

5) Nyalakan lampu tambahan dan bukalah jendela (tapi kalau sudah mau tidur jangan lupa ditutup lagi yach!). dan semakin banyak orang, maka semakin ramai, dan rasa kantuk akan kesulitan menyerang anda.

6) Tidur pada siang hari, maka pada malam hari anda tidak akan merasa mengantuk.

Demikian tips-tips yang bisa saya bagi untuk saat ini, semoga bisa bermanfaat. Tapi ingat, kurang tidur, tetap saja tidak baik untuk kesehatan kita, dan bangun telat, tidak baik untuk rejeki kita. Jadi, tetaplah tidur yang cukup, “apabila begadang tidak begitu diperlukan…”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar