Rabu, 24 Oktober 2012

Inidia Cara Menyisir Rambut yang Tepat

Menyisir rambut merupakan rutinitas sehari-hari untuk menyempurnakan penampilan. Selain untuk merapihkan rambut, menyisir juga bisa dilakukan untuk membentuk tatanan rambut. 

Salah menyisir bisa berisiko merusak keindahan rambut. (iStockphoto)
Rambut juga bisa memperoleh manfaat kesehatan dari menyisir. Menyisir dapat melancarkan peredaran darah di kepala, mendorong timbulnya pelembab alami yang menyehatkan serta menjaga kebersihan rambut.

Namun salah menyisir bisa berisiko merusak keindahan rambut. Karena itu pelajari cara menyisir yang tepat untuk rambut lebih sehat.

1. Untuk Anda yang berambut panjang dan keriting sebaiknya sisir rambut Anda dahulu dengan jari sebelum menggunakan sisir. Rapihkan bagian-bagian yang kusut. Langkah ini membantu mencegah rambut rontok dan patah karena menyisir.

2. Bagi rambut Anda menjadi 3 atau 4 bagian lalu mulai menyisirnya. Cara ini bisa membantu mengurangi kekusutan serta membuat rambut rambut lebih rapih. Membagi rambut menjadi beberapa bagian juga bisa membuat Anda lebih mudah menata rambut.

3. Gunakan sisir yang tepat untuk hasil yang maksimal. Untuk yang berambut keriting, pilih sisir bergigi jarang dengan bahan yang lembut agar tidak mudah tersangkut di rambut yang kusut. Jika akan menggunakan sisir bulat, pilih diameternya dengan tepat. Makin panjang rambut pilih semakin besar diameternya. Sedangkan pemilik rambut tipis bisa memilih sisir dengan bantalan lembut yang tidak kasar, sehingga mengurangi risiko rambut patah serta rontok.

4. Pastikan tekanan yang tepat saat menyisir rambut. Jangan sampai menyisir rambut terlalu keras hingga melukai kulit kepala dan memicu minyak berlebih di rambut. Sisir secara perlahan terutama di bagian yang mudah kusut.

5. Pilih bentuk sisir yang tepat ketika menata rambut. Untuk merapihkan rambut, pilih sisir panjang yang pipih. Sisir jenis ini cocok untuk merapihkan rambut yang kusut. Sedangkan untuk membentuk atau menciptakan volume, gunakan sisir bulat. Sisir bulat cocok digunakan saat menata rambut dengan hair dryer.

6. Sisir rambut basah dengan tangan untuk menghindari kerontokan. Tekstur rambut basah, lebih rapuh dari rambut kering sehingga mudah patah dan rontok. Tunggu sampai rambut setengah kering atau kering dengan sempurna sebelum merapihkannya dengan sisir.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar