Senin, 03 September 2012

Manfaat Petai Cina



http://udechi.blogspot.com
Lamtoro, petai cina, atau petai selong adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (=Leguminosae, polong-polongan), yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi. Berasal dari Amerika tropis, tumbuhan ini sudah ratusan tahun dimasukkan ke Jawa untuk kepentingan pertanian dan kehutanan, dan kemudian menyebar pula ke pulau-pulau yang lain di Indonesia. Oleh sebab itu agaknya, maka tanaman ini di Malaysia dinamai petai jawa.


petai cina dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti diabetes melitus, cacingan, luka, bengkak, dan disentri. selain penyakit tersebut, ternyata petai cina juga dipercaya dapat digunakan sebagai aprodisiak, yaitu bahan makanan yang dapat meningkatkan vitalitas atau gairah seks kaum pria.

Beberapa macam penyakit yang dapat diobati petai cina:

Diabetes. Caranya, ambil batang petai cina yang tua dan kering, kupas, ambil bijinya. Goreng biji petai tanpa minyak, lalu tumbuk halus hingga menjadi seperti bubuk kopi. Seduh dengan air hangat dan minum2 kali sehari. Bisa juga langsung dimakan seperti minum obat tanpa harus ditumbuk dan diseduh terlebih dahulu.

Kencing manis. Caranya, ambil petai cina yang sudah tua dan kering, lalu goreng tanpa minyak. Tumbuk hingga halus, lalu seduh dengan air panas. Minum setiap hari.
Luka baru. Caranya, ambil daun petai, kunyah-kunyah hingga agak lembut, lalu tempelkan pada luka.

Mengobati Cacingan. Caranya, Tumbuk biji lamtoro yang sudah tua dan telah di keringkan secukupnya hingga halus, kemudian ambil 5 gram bubuknya dan seduh dengan 100 cc air panas dan minum selagi hangat.

Meningkatkan Gairah Seksualitas, caranya Rebus 5 g bubuk lamtoro ( caranya bikin bubuknya seperti mengobati cacingan ), 5 g merica bubuk dengan 200 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian tambahkan 2 butir kuning telur ayam kampung dan 1 sendok makan madu. Aduk hingga rata dan minum.

1 komentar: