Minggu, 05 Agustus 2012

Manfaat Tumbuhan Kunyit Asam

Khasiat Kunyit Asam

Khasiat Kunyit Asam – Minuman atau jamu kunyit asam ini cukup terkenal juga dengan nama Kunir Asam dan Khasiat Kunyit Asam terkenal untuk melancarkan dan mencegah nyeri haid. Banyak wanita Indonesia yang sudah merasakan manfaat Jamu Kunyit Asam ini. Banyak juga dikatakan bisa membantu menurunkan berat badan, dan satu yang pasti adalah dengan minum jamu kunyit asam kita mendapatkan manfaat kunyit sekaligus khasiat asam.

Asam disebut sebagai remedi alamiah yang membantu mengatasi diare, konstipasi, muntah, sakit perut, dan bahkan keracunan makanan. Selain itu asam juga punya khasiat lain.
Jamu adalah ramuan terdiri dari bahan alami dan walaupun kadang ada yang menyebut jamu sebagai obat herbal asli Indonesia, sesungguhnya banyak yang memfungsikan jamu bukan sebagai obat. Tapi sebagai pencegah penyakit.

Fungsi jamu sebagai pencegah penyakit karena bermanfaat mempertinggi daya tahan tubuh. Berbagai bahan utama jamu umumnya terdiri dari bagian tumbuhan seperti akar (rimpang), batang, daun, buah, akar dan kulit pohon

Jamu biasanya terasa agak pahit dan ketir di lidah. Untuk mengatasi hal tersebut, minum jamu biasanya diakhiri dengan minum larutan gula
Jamu kini bahkan sudah diproduksi di pabrik dengan teknologi modern dan dikemas higienis. Jamu yang diproduksi pabrik tersedia dalam bentuk cair yang dikemas serupa minuman ringan, berbentuk serbuk, tablet, kaplet atau kapsul.

Revolusi baru jamu ini tentu saja mempermudah konsumen untuk mengkonsumsi jamu. Mereka tidak perlu lagi merasakan pahit dan getinya jamu. Namun khasiatnya pun tetap terasa.
Walau demikian, masih banyak orang yang lebih memilih minum jamu dengan cara tradisional melalui jamu gendong keliling. Menurut mereka, minum jamu dari mbok jamu  terasa lebih segar. Tentu saja, karena jamu tersebut memang dibuat langsung dan setiap hari.

Manfaat dan Khasiat Kunyit Asam / Khasiat Kunir Asam
Jamu kunyit asam atau kunyit asem ada pula yang menyebutnya sebagai kunir asem. Jamu ini terdiri dari campuran kunyit (curcuma domestica) dan asam Jawa (tamarindus indica). Jamu kunir asam ini biasanya dikonsumsi para wanita. Dipercaya manfaat Jamu kunir asam ini berkhasiat menyegarkan tubuh terutama pada masa haid. Jamu ini juga diyakini mengobati panas dalam dan sariawan.

Rajin minum jamu kunyit asam bercampur rebusan daun sirih bermanfaat untuk membersihkan organ dalam kewanitaan. Wanita yang rajin minum jamu ini, saat haid biasanya tidak akan berbau anyir darah. Bau badan pun akan hilang, Selain membeli dari tukang jamu gendong, wanita juga dapat merasakan khasiat jamu kunyit asam dalam kemasan modern. Kini di pasaran, sudah tersedia minuman kunyit asam dalam bentuk minuman praktis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar