Kamis, 30 Agustus 2012

Manfaat Tumbuhan Bunga Matahari

bunga matahari
Bunga Matahari memiliki nama ilmiah Helianthus annuus Linn. Bunga matahari juga dikenal di beberapa daerah dengan nama bunga panca matoari, bunga teleng matoari, kembang sangenge, bungka matahari, dan beberapa nama lainnya. Selain merupakan tanaman herba berumur pendek, apalagi ciri-ciri bunga ini ?

Bunga matahari memiliki ciri umum diantaranya adalah batang tumbuh tegak dengan tinggi yang dapat mencapai 3 meter. Daunnya cukup lebar, berbentuk jantung. Bunga matahari sangat khas karena ukurannya yang lebar, mahkota berwarna kuning, dan bentuknya keseluruhannya menyerupai matahari.
Bagian Mana yang Bermanfaat dari Bunga Matahari?

Hampir semua bagian dari tanaman bunga matahari memiliki khasiat.
Apa saja Kandungan Kimia Bunga Matahari ?

Bunga matahari mengandung echinocystic acid, oleanolic acid, quercimeritrin, dan lain sebagainya.
Manfaat dan Khasiat Bunga Matahari

Bunga matahari berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah,serta merupakan pereda nyeri alami. Oleh karena itu bunga matahari dapat digunakan untuk mengurangi nyeri saat sakit gigi, sakit kepala, nyeri haid, dan nyeri lambung.

Biji bunga matahari bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi kelesuan, dan meredakan sakit kepala.

Akar tanaman bunga matahari bermanfaat untuk meluruhkan air seni, mengatasi infeksi saluran kencing, batuk rejan, dan keputihan, serta dapat meredakan batuk, dan juga mengurangi rasa nyeri. Daunnya berkhasiat untuk meredakan radang, mengurangi nyeri, dan antimalaria.

Batang bunga matahari (bagian sumsumnya) dapat digunakan untuk meningkatkan vitalitas, membantu kerja liver. Semoga bermanfaat.

catatan khusus : wanita hamil dilarang meminum ramuan bunga matahari 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar