Jumat, 10 Agustus 2012

manfaat keong Atau Siput

Khasiat dan manfaat keong Atau Siput
Siput atau keong dapat ditemukan pada berbagai lingkungan yang berbeda: dari parit hingga gurun, bahkan hingga laut yang sangat dalam. Sebagian besar spesies siput adalah hewan laut. Banyak juga yang hidup di darat, air tawar, bahkan air payau. Kebanyakan siput merupakan herbivora, walaupun beberapa spesies yang hidup di darat dan laut dapat merupakan omnivora  atau karnivora  predator.

Bekicot yang banyak di benci karena sering merusak tanaman ternyata bisa digunakan untuk membantu penyembuhan sakit gigi berlubang. Caranya ambil seekor bekicot lalu pecahkan kulit/cangkangnya lebih baik lagi bila memecahkan bagian akhir cangkang yang mengerucut itu, Dengan kapas yang telah di plintir kecil, serap lendir bekicot dan masukan kedalam gigi yang berlubang sekaligus dengan kapasnya, biarkan sampai rasa sakit hilang.

Khasiat dan manfaat siput atau keong bekicot lainnya adalah untuk membantu mencegah infeksi luka. Caranya hampir sama dengan diatas kulit atau cengkang bagian akhir yang mengerucut di pecahkan lalu lendir yang keluar di oleskan di tempat yang terluka.

Keong Mas (pomacea canaliculata) dapat bermanfaat untuk

1. Meningkatkan kecerdasan,
2. Meningkatkan libido,
3. Untuk obat liver
( Dr. Sumitro dlm Sinar Tani).

Keong Mas juga mengandung asam omega 3,6, dan 9,serta protein 16 – 50 %.(Moechah dlm Anis Blog, 21-11-2008).

Keong mas (Pomacea canaliculata) yang selama ini dikenal sebagai hama potensial tanaman padi, jika dikelola dengan baik merupakan komoditas prospektif untuk menambah penghasilan petani dan meningkatkan gizi masyarakat.Bahkan komoditas ini layak untuk menjadi komoditas ekspor, terutama ke negara-negara Eropa, Jepang dan Hong Kong.

Khasiat dan manfaat keong Atau Siput mas juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, ikan, udang, sumber makanan berprotein tinggi bagi masyarakat, obat-obatan dan pengontrol inang perantara parasit trematoda yang menyebabkan gatal-gatal.Dengan potensi tersebut, keong mas tidak layak disebut sebagai biang kegagalan panen padi. Lebih baik keong mas dikelola untuk dimanfaatkan dan dikembangkan.

1 komentar: