Selasa, 21 Agustus 2012

Manfaat Beras Hitam


beras hitam Saat ini rupanya masyarakat mulai melirik alternatif beras lain selain beras merah untuk dijadikan makanan pokok, yakni beras hitam. Membicarakan mengenai beras ini tentu tidak semua masyakat sudah akrab. Warnanya yang hitam sesuai namanya menjadikan bahan makanan pokok ini memberikan daya tarik tersendiri untuk para penikmat kuliner maupun bagi mereka yang mencari alternatif pengganti nasi putih. Telah lama sebenarnya beras jenis ini ada. Bahkan beras ini dulunya dikenal dengan makanan wajib untuk kaisar.

Sumber Antioksidan

Tidak perlu khawatir sepertinya bagi mereka yang bosan dengan konsumsi beras warna putih atau merah, saat ini mereka dapat mulai beralih dengan warna lain yakni beras hitam. Ketika belum dimasak beras ini memang berwarna hitam sesuai namanya, namun ketika telah masak warnanya akan berubah menajdi ungu tua. Namun, jangan kecewa karena khasiat yang dikandung akan lebih membuat kita tertarik untuk mengonsumsinya. Penyebab warna tua dari beras ini adalah pigmen flavonoid yang dikenal dengan antosianin. Antosianin merupakan salah satu antioksidan yang kuat. Antosianin telah dibuktikan memberikan manfaat untuk mencegah berbagai penyakit–penyakit menakutkan seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, bahkan penyakit Alzheimer juga dapat ditangani.

Sumber Mineral dan Serat

Mineral menjadi salah satu alasan mengapa masyarakat mulai melirik beras merah dibanding beras putih. Namun saat ini masyarakat memiliki alternatif lain selain beras merah yakni beras hitam. Tentu dengan kandungan mineral dan serat sebaik beras merah dan lebih baik dibanding beras putih akan menjadikan masyarakat tidak perlu khawatir dan ragu untuk mengonsumsinya sekalipun harganya memang sedikit lebih mahal.

Mencegah Aterokslerosis

Aterosklerosis merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya plak pada permukaan pembuluh darah kita sehingga mampu menyebabkan berbagai akibat menakutkan seperti penyakit jantung koroner maupun stroke. Perkembangan plak pada pembuluh darah sangat menakutkan jika terus dibiarkan. Salah satu cara untuk menangani adalah dengan menurunkan komponen lipid sehingga plak tidak semakin berkembang. Ekstrak beras hitam rupanya terbukti mampu menurunkan kandungan lipid oleh suatu penelitian yang telah ditulis dalam jurnal kesehatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar