Rabu, 25 Juli 2012

Ciri-Ciri Khusus Kelelawar

Kelelawar termasuk binatang malam yang unik dan juga termasuk jenis hewan mamalia (berkembangbiak dengan cara melahirkan dan menyusui). Hewan kelelawar hidup dan mencari makan di malam hari. Dengan kemampuan yang dimilikinya, kelelawar dapat terbang dan dapat melihat di malam hari. Bagaimana ciri-ciri khusus kelelawar? Apa keunikan hewan kelelawar itu?

Ciri-ciri khusus hewan kelelawar

Berikut ciri-ciri khusus dan keunikan hewan kelelawar :

1.Kelelawar dapat memancarkan atau mengeluarkan bunyi dengan frekuensi yang tinggi (bunyi ultrasonik) yang dikeluarkan dari mulut dan hidungnya. Lalu suara atau bunyi yang telah dikeluarkan, akan dipantulkan ke benda-benda apa saja yang berada disekitarnya, dan melalui bunyi gema itulah, kelelawar dapat terbang dimalam hari tanpa menabrak rintangan yang menghalanginya. Dan juga melalui gema tersebut, kelelawar dapat mengetahui jarak dari makanan dan letaknya. Kelelawar mengetahui lingkungan sekitarnya dengan menggunakan sistem sonar dikenal dengan istilah ekolokasi.

2.Kelelawar terbang di malam hari untuk mencari makan dan tidur di siang hari dengan bergelantungan dengan posisi kepala berada di bawah. Selaput kulit yang tipis yang berada di antara tulang lengannya dapat menyebabkan hewan mamalia ini bisa terbang.

3.Untuk dapat terbang dengan arah yang tepat dan benar (tidak membentur benda yang menghalanginya), maka kelelawar tersebut menggunakan sistem sonar.

4.Kemampuan kelelawar dapat mengetahui lingkungan disekitarnya dengan menggunakan sistem sonar disebut ekolokasi.

Nah itulah beberapa ciri khusus kelelawar dan keunikannya, semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar