Minggu, 08 Juli 2012

Cina Tolak Resolusi PBB

LINK-UP, EXTREMMEPOINT.COM : - Cina, Kuba dan Rusia secara jelas menentang PBB atas pelanggaran HAM serta pemberian sanksi kepada Suriah.
PBB secara sepihak mengecam pemerintah Suriah, oleh karena itu ditentang dengan terang-terangan oleh pihak Cina, Kuba dan Rusia.
Resolusi itu diajukan oleh AS yang mengatakan sangat mengutuk pelanggaran luas dan sistematis hak asasi manusia di Suria. Tindakan kekerasan, kekejaman, dan tanpa pandang bulu yang sedang berlangsung menargetkan warga sipil oleh pihak berwenang Suriah
Cina berpendapat Resolusi PBB itu tidak seimbang dan obyektif. Karena hal demikian itu justru akan membuat proses politik di Suriah lebih rumit.
Begitu juga Rusia mengusulkan untuk menyertakan kalimat “sangat mengutuk semua tindakan teroris di Suriah dalam teks”.
Negara Filipina, Uganda dan India absen dari pemungutan suara yang diikuti 41 Negara dalam mendukung Resolusi PBB untuk Suriah.
Komisi Internasional Penyelidikan Independen sebagai utusan PBB di Suriah akan memberikan laporan akhir tentang kondisi langsung dalam Negara Suriah yang sedang terlibat konflik.
PBB akan selenggarakan pertemuan pada 10 sampai 28 September untuk membahas Suriah mendatang.
Menurut Pengamat politik, Surowidjojo mengatakan, “Seharusnya Negara-negara yang menjadi anggota PBB membantu memecahkan konflik di Negara Suriah tersebut bukan justru memperkeruh keadaan. Ketika konflik sudah reda maka pembenahan mulai diarahkan. Perlu diingat PBB bukan Hakim lo!,” katanya pada extremmepoint.com saat di Hotel Indonesia, Jakarta. Sabtu (07/07) 21.00 Wib. (LINK-UP)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar