Selasa, 12 Juni 2012

Manfaat Tanaman Lidah Ular




















( Hedyotis corymbosa ( L ) Lamk )
Sinonim :
Familia :

Uraian : Herba , tegak atau condong , satu tahun ( annual ) , sering bercabang mulal dari pangkal batangnya , tinggi 0,05 - 0,6 m . Batang bersegi empat , gundul atau dengan sisik sangat pendek , bercabang , tebal 1 mm , warna hijau kecoklatan sampai hijau keabu - abuan . Akar : tunggang , kecoklatan , garis tengah rata rata 1 mm , akar cabang berbentuk benang . Daun tunggal , berhadapan atau bersilang berhadapan , helaian ; relatif kecil 1 - 3,5 cm x 1,5 - 7 mm , ujung dan pangkalnya runcing , berwarna hijau pucat , dengan sisik sisik kecil sepanjang tepi daunnya , tangkal daun sangat pendek . Bunga susunan majemuk mulai rata, 2 - 8 bunga , bertangkai , di ketiak . Kelopak 4 , sama panjang dengan bakal buahnya . Mahkota : 4, putih atau ungu pucat , panjang kira - kira 2 mm . Benang sari 4 , tersisip seakan - akan di atas tabung mahkota . Buah panjang 1,75 - 2 mm , lebar 2 - 2,5 mm , pada permukaan luar di dekat bagian ujung terdapat sisa kelopak berupa tonjolan kecil runcing . Biji bersudut - sudut . Waktu berbunga Januari - Desember . Di Jawa tumbuh pada daerah dengan ketinggian 1 - 800 m dpl , dapat sampai daerah dengan ketinggian 1425 m dpl , di daerah terbuka banyak mendapat sinar matahari , tidak terlampau basah , daerah berbatu , di tepi jalan , halaman , parit , taman , secara lokal melimpah .

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Efek Biologi dan Farmakologi :
Ekstrak yang larut dalam , air dapat menurunkan tekanan darah hewan percobaan . Pada konsentrasi yang relatif besar dapat berefek pada penghambatan pertumbuhan Pseudomonas aeruginosa , Salmonella typhi dan Proteus vulgaris .' Penggunaan secara oral pada mencit selama 3 minggu dapat berfungsi sebagai antispennatogenesis . Pada aplikasi intragastrik berefek penghambatan elisitasi usus yang disebabkan oleh asetilkolin . Rebusan herba yang telah dibebaskan . dari endapan ( dengan penambahan alkohol ) dapat mengurangi derajat kematian mencit pada keadaan keracunan ( dengan Bungarus multiciizctus ) . Suatu ramuan yang terdiri dari herba Hedyotis diffusa , herba Prunellae dan Licorice ( 2:2:1 ) dapat memperbaiki gangguan fungsi hepar dan berefek koleretik pada anjing teranestesi . Rebusan tumbuhan jenis lain yaitu Hedyotis affinis dapat menyebabkan kontraksi uterus kelinci terisolasi .` Hasil penelitian tentang aktivitas sistem fagositosis , respons seluler dan respon humoral pada mencit , diketahui bahwa fraksi yang larut dalam air daun Hedyotis menyebabkan stimulasi respon imun humoral dan menekan sistem fagositosis ; sedangkan fraksi yang tidak larut dalam air tidak berpengaruh pada respon imun seluler , dan fraksi residu menyebabkan stimulasi . Efek yang tidak diinginkan Efek samping yang nyata atau reaksi alergi pada penggunaan lazimnya ( 30?60 gram ) , tidak diketahui . Pada penggunaan jangka panjang dengan dosis 30?45 gram / hari selama 30 dan 90 hari pada 2 kasus psoriasis tidak menunjukkan hasil yang abnormal pada sampel darah dan urin . Pada sedikit kasus dapat menyebabkan mulut kering setelah penggunaan selama 10 hari . Injeksi dosis tinggi dapat menyebabkan leukopeni . Penggunaan kombinasi herba dengan asam deoksikolat dapat menyebabkan diare pada beberapa pasien . Disamping itu . dapat menyebabkan gangguan syaraf pada beberapa kasus pasien bronkitis asma kronis . Toksisitas Dosis maksimal yang secara teknis dapat diberikan pada tikus yaitu 10 gram/kg BB dianggap sebagai LD50 semu .

Pemanfaatan :
 
Kegunaan di Masyarakat ; Digunakan pada pengobatan tukak lambung , disentri , habis bersalin , gangguan pencernaari , obat turun panas .

Komposisi :
 
Kandungan Kimia : Seluruh bagian tumbuhan : senyawa iridoid antara lain asperulosid , skandosidmetilester , benzoilskandosidinetilester ; sitosterol , asam ursolat , asam oleanolat , n-benzoil -1- fenilalanil -1- fenilalaninol asetat .
Suatu penelitian telah berhasil menemukan 2 macam flavonoid golongan flavonol ; salah satu senyawa tersebut mempunyai gugus hidroksi pada atom C-3 , C-5 dan C-4 .
sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar