Jumat, 22 Juni 2012

Khasiat Buah Bit Untuk Kesehatan

Salah satu khasiat jus bit adalah menambah pasokan enerji, disamping itu masih banyak manfaat lain dari mengasup bit dengan cara dibuat jus, direbus sebentar untuk  salad, atau dibuat pure (dihaluskan) untuk sup, dan lain-lain.

Yang perlu diperhatikan, apabila pada buah-buahan kulitnya dianjurkan untuk disantap, pada akar bit, kulitnya sebaiknya dibuang

Pada tanaman bit, yang lebih dikenal mempunyai khasiat kesehatan adalah umbinya.
Berbentuk bulat seperti kentang dengan warna merah – ungu gelap. Daunnya bisa dimasak seperti sayur hijau lainnya.
Bit berasal dari Mesopotamia, yang kemudian menyebar ke negara tetangga di daratan Asia maupun di Eropa.

Bit kaya akan karbohidrat ( dalam bentuk gula dengan sedikit kandungan protein dan lemak ) ,  yang mudah menjadi energi serta zat besi yang membantu darah mengangkut oksigen ke otak. Bit berwarna merah, warna ini disebabkan oleh gabungan pigmen ungu betasianin dan pigmen kuning betasantin.

Walaupun mengandung karbohidrat, kalorinya rendah. Jadi jangan kuatir, menyantap bit tidak akan menaikkan berat badan Anda. Dalam mengasup jus bit, sebaiknya akar bit dicampur dengan buah atau sayur lainnya, karena akar bit saja bisa membuat tali pita Anda kaku dan sulit bicara dalam waktu tertentu, kecuali Anda minum jus murni dari akar bit organik yang justru akan menyembuhkan kekakuan/kelumpuhan pada pita suara (http://en.wikipedia.org/wiki/Beet).

Ada yang beranggapan bahwa jus bit adalah jus yang terbaik untuk kesehatan karena mengandung gula alami, sodium, potassium, fosfor, kalsium, magnesium, sulfur, klorin, iodine, zat besi, copper, vitamin B1, B2, C dan P. Kandungan bit menyeimbangkan kadar basa dan asam, sehingga sangat bagus bagi keseimbangan tubuh kita.

Kandungan Bit

Asam Folat 34%, Fungsi : Menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak ,
Kalium 14,8%, Fungsi : Memperlancar keseimbangan cairan di dalam tubuh,
Serat 13,6%,
vitamin C 10,2%, Fungsi : Menumbuhkan jaringan dan menormalkan saluran darah,
Magnesium 9,8%, Fungsi : Menjaga fungsi otot dan syaraf,
Triptofan 1,4%,
Zat Besi 7,4%, Fungsi : Metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh,
Tembaga 6,5%, Fungsi : Membentuk sel darah merah,
Fosfor 6,5%, Fungsi : Memperkuat tulang,
Caumarin yang berfungsi untuk mencegah tumor, dan
Betasianin sebagai pencegah kanker

  
Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat dari buah yang satu ini. Berikut ini sebagian dari manfaat yang akan kita dapatkan dari mengkonsumsi buah Bit.

 1.   Sebagai Obat hati, Pembersih alami untuk ginjal dan kandung empedu. Serta membersihkan dan menetralkan racun di dalam tubuh . Melawan infeksi dan radang serta mengatasi masalah batu ginjal.

Kombinasi jus bit, wortel dan ketimun, adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan ginjal dan kandung empedu dari racun yang tertimbun di kedua organ penyaring tersebut

Bit juga bermanfaat untuk detoksifikasi (pembuangan racun) dan pembersihan isi perut kita, serta masalah wasir.

Bersama ini campuran yang bisa Anda gunakan untuk membuat jus untuk detoks:

1 buah apel, 1 buah pir, ½ buah bit ukuran besar: di masukkan ke alat pembuat jus.
Lalu aduk 2 sdm pysllium husks (bisa beli di toko makanan sehat dan toko organik)
Segera diminum. Psyllium husk adalah serat yang apabila dicampur dengan air bisa mengembang seperti agar-agar. Fungsinya membawa ‘sampah’ di usus besar untuk dikeluarkan dengan lebih cepat.

½ bit ukuran sedang dan 1 buah ketimun ukuran kecil di masukkan ke alat
pembuat jus. Tambahkan 1 ½ cangkir soda water. Lalu beri perasan air jeruk nipis atau lemon.

Selain membuat jus dari campuran bit dan buah lainnya, cobalah merebus bit satu buah ukuran sedang yang diiris-iris. Lalu airnya diminum sebelum tidur sebanyak satu gelas. Air rebusan bit ini akan membantu gerakan otot perilstatik, sehingga keesokan harinya buang air besar lancar.

2.  Menghancurkan sel tumor dan sel kanker.
Jus bit kaya sekali akan kandungan oksidan yang dibutuhkan oleh para pasien dengan masalah kanker.

Bersama ini ada jus khusus untuk mengatasi pasien kanker:

Jus Super –Antioksidan.
2 wortel ukuran sedang dicincang, ½ bit ukuran sedang dicincang, 2 batang selederi lokal atau 1 batang selederi impor, 30 gram bayam dan 4 batang parsley. Semuanya dijus dan segera diminum

 3. Memperkuat fungsi darah ,  sistem peredaran darah dan sistem kekebalan , mengatasi anemia dan memproduksi sel-sel darah merah .
Bit yang berwarna kemarahan ini dihubungkan dengan warna darah manusia, sehingga dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenarasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

Cara membuat jus untuk pengobatan anemia:
a.   Cuci buah bit

b.   Kupas kulitnyaa 

c.   Potong dan masukkan dalam blender atau diparut

d.   Kemudian peras ambil airnya (untuk 1 gelas)

e.   Tuangkan ke dalam gelas dan siap diminum
 
Mengkonsumsi jus bit, menurut peneliti, bisa membantu Anda berolahraga lebih lama tanpa rasa capek. Selain itu, setengah liter jus bit sehari efektif untuk menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan.
 Just bit, terang peneliti, menunjukkan hasil yang mencengangkan karena manfaatnya melebihi rutinitas olahraga teratur di bawah pengawasan pelatih profesional. Dan meskipun rasanya mungkin tidak bisa memuaskan selera Anda, dampaknya bisa dirasakan oleh semua orang.

4. Menurunkan kadar kolesterol.

 5. Memberi tenaga dan menyeimbangkan tubuh. 
Selain itu minum jus bit akan meningkatkan stamina
Minum jus bit  bisa membantu orang berolah raga lebih lama 16% disebabkan oleh kandungan nitratnya mengurangi pengeluaran/pembakaran oksigen dalam olah raga, sehingga rasa capai yang disebabkan oleh olah raga berkurang (Penelitian di Inggris: Univ. of Exeter; BBC News, 6 Agustus, 2009). Karena itu minum jus yang dicampur bit pada malam hari bisa dipakai sebagai jus tonik asmara, menambah enerji dan melancarkan aliran darah.

6.  Masalah pencernaan
Bila Anda mengalami masalah pencernaan, rasa mual dan nyeri, diare, disentri, bisa minum jus bit yang dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis. Minum jus bit yang dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan akan membantu mengurangi masalh ‘sebah’ di perut. Daun bit juga bermanfaat menanggulangi sakit demam kuning dan pencernaan. Cukup sekali sehari.

7. Mengatasi masalah ketombe
Untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel, cobalah merebus bit dengan sedikit cuka alami (apple cider vinegar). Lalu dioles-oleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dibungkus dengan handuk. Keesokan harinya bilaslah dan keramaslah bersih-bersih.

8. Pewarna makanan alami
Kandungan betaninnya yang menghasilkan warna merah cemerlang dipakai untuk pewarna alami makanan, misalnya es krim, mewarna telur paskah, jeli, dan lain sebagainya.

9. Gradasi warna burgundy pada pewarnaan rambut
Bila Anda akan mewarnai rambut Anda dengan bubuk henna, cobalah pilih warna hitam dan kemudian dicampur dengan jus akar bit merah. Hasilnya, rambut Anda akan hitam dengan gradasi burgundy dan alami. Lebih sehat dan tetap cantik alami.

10. Menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, dan pembuluh darah
Para ahli di Inggris dan di Amerika Serikat menyarankan penderita hipertensi untuk minum 500 ml jus bit setiap hari. Telah terbukti secara nyata minum jus dari umbi bit ini menurunkan hipertensi . Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah.

 Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School menyarankan untuk cara murah ini untuk menurunkan hipertensi.

Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, bahwa minum jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung. .Dari percobaan menunjukkan tekanan darah menurun dalam waktu 1 jam setelah minum jus bit. Tiga sampai 4 jam setelah minum jus bit, penurunan tetap berlanjut dan bisa diamati sampai dalam waktu 24 jam. (BBC News, 6 Feb. 2008)
Penulis membuktikan dengan minum jus bit dicampur jeruk lemon dan apel hijau, bisa membantu menurunkan tekanan darah.

STAMINA
Oksigen
Dalam studi ini, para peneliti melibatkan delapan laki-laki muda sehat untuk melengkapi rangkaian tes bersepeda. Mereka diminta melakukan dua kali tes bersepeda, setelah minum jus bit sekali sehari selama 6 hari dan setelah minum blackcurrant cordial (minuman yang terbuat dari sejenis berry).

Studi yang dipublikasikan di Journal of Applied Physiology ini melaporkan, setelah minum jus bit, partisipan menggunakan lebih sedikit oksigen saat diminta bersepeda dengan kecepatan lambat. Hal ini menunjukkan, terang peneliti, kalau otot-otot mereka bisa melakukan kerja dalam jumlah yang sama dengan menggunakan energi yang lebih sedikit. Saat diminta bersepeda dengan jarak sesuai kemampuan, partisipan bisa mengayuh beberapa menit lebih lama dibandingkan saat sebelum minum jus bit.

Efek Nitrat
Setelah minum jus bit, lanjut peneliti, partisipan mengalami penambahan stamina sebesar 16%. Artinya, mereka yang biasanya kehabisan energi setelah jogging selama 1 jam mendapat ekstra waktu 10 menit. Selain itu, mereka bisa mencapai jarak yang sama dalam waktu yang lebih cepat.

“Kami sangat terkejut dengan efek jus bit dalam pengurangan pengeluaran oksigen, karena efek ini tidak bisa diperoleh dengan cara lain, termasuk program olahraga,” tutur salah seorang peneliti Andy Jones, seperti dikutip situs dailymail. Tentu saja Anda akan lebih fit setelah berolahraga, tetapi penggunaan oksigen Anda tetap sama.

Manfaat ini, terang peneliti, disebabkan oleh kandungan nitrat yang tinggi dalam jus bit. Zat kimia ini, menurut peneliti, juga bisa ditemukan pada sayuran hijau seperti kol dan bayam, khususnya pada konsentrat jus.

“Meskipun studi ini menggunakan jus bit yang dijual di pasaran, Anda akan mendapatkan manfaat yang sama dengan mengonsumsi jus yang dibuat di rumah,” terang Jones. (OL-08)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar