Jumat, 30 Maret 2012

Percobaan Pembiasan Cahaya

Salam Pengunjung Hebat dan Penuh Kreasi.
Pada kesempatan ini, Nizar memosting kegiatan ekstrakurikuler SAINS Club di SDIT Permata Bunda Demak. Tepatnya Senin, 25 April 2011 sekitar pukul 14.30 Sahabat SAINS (Panggilan siswaSDIT Permata Bunda Demak yang ikut ekstrakurikuler SAINS Club) melakukan percobaan pembiasan cahaya secara sederhana. Berikut Nizar berikan rincian alat, bahan, tata cara, dan alasan yang mengenai percobaan pembiasan.


Alat dan bahan
  1. Koin (benda kecil lainnya)
  2. Mangkok
  3. Gelas ukur/ tempat air
  4. Air

Tata cara
  1. Masukkan koin ke dalam mangkok.
  2. Mintalah bantuan seorang sahabat agar duduk di depan mangkok dan suruhlah untuk melihat koin di mangkok di mana letaknya berhadapan denganmu.
  3. Setelah itu geserkan mangkok menjauhi sahabatmu sehingga sahabatmu tidak dapat melihat koin yang berada di dalam mangkok.
  4. Tuangkan air ke mangkok.
  5. Apa yang terjadi berikutnya?
Apa Yang Terjadi?
Koin terlihat yang sebelumnya tidak terlihat setelah diberi air ternyata koin jadi terlihat! (Ajaib bukan?)
Mengapa?
Kita bisa melihat benda jika ada cahaya yang mengenai benda tersebut. Cahaya melintas melalui sebuah garis lurus. Pada awalnya koin tidak terlihat, karena cahaya lurus yang menghubungkan mata dengan posisi koin terhalang oleh dinding mangkuk. Sedangkan cahaya lurus yang menghubungkan mata dengan mulut mangkuk tidak jatuh di atas koin. Ketika mangkuk diisi air, air membiaskan atau membelokkkan cahaya yang datang melalui mulut mangkuk sehingga mengenai koin. Oleh karena itu, koin menjadi terlihat.

Semoga percobaan tersebut dapat bermanfaat dan Nizar dapat kembali lagi memosting percobaan lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar